Pentingnya Software
Software kini menjadi kebutuhan setiap konsumen di bidang apa pun. Hampir semua bidang tidak bisa lepas dari kebutuhan akan software ini. Di bidang pendidikan, misalnya, perkembangan teknologi yang semakin pesat turut mengubah cara kerja para praktisi pendidikan. Jika dulu guru atau pun karyawan di suatu sekolah harus berulang kali melihat jam dinding dan memencet bel sekolah, kini semua itu tak perlu dilakukan lagi. Kehadiran sofware bel sekolah otomatis menjadi solusi yang memudahkan kinerja sekolah. Contoh lainnya adalah mekanisme pelaporan keuangan sekolah. Jika dulu laporan keuangan harus dibuat secara manual, kini semua dapat dikerjakan secara otomatis dengan adanya software-software keuangan, seperti software Bantuan Operasional Sekolah (BOS), software gaji, dan software-software lainnya.
Selain di bidang pendidikan, perkembangan software yang sangat pesat juga dapat dinikmati di bidang perdagangan. Misalnya dengan adanya software toko online, yang akan memudahkan kita membuat “lapak” di dunia maya untuk menjajakan dagangan kita. Dengan software ini tentu saja kita tidak perlu membuat software atau berurusan dengan coding yang membingungkan, dengan mudah kita dapat membuat web toko online. Selain itu, software di bidang perdagangan yang hampir di miliki oleh setiap toko swalayan adalah software kasir ataupun software pembukuan. Dengan adanya software ini maka para penjual tak perlu secara manual menghitung jumlah uang yang masuk tiap harinya atau pun jumlah uang kembalian yang harus diberikan kepada pembeli. Selain dicbidang pendidikan dan perdagangan, software juga banyak membantu di bidang-bidang lainnya, seperti perbankan, pariwisata, perpajakan, dan sebagainya.
Software Asli atau Bajakan?
Peredaran software palsu atau software bajakan semakin marak terjadi di negeri kita ini. Bahkan sering kali software bajakan dianggap sudah berkualitas tinggi dan menyerupai aslinya. Lantas bagaimana cara kita membedakannya?
Perbedaan sofware asli dan software bajakan dapat dilihat dari beberapa hal, antara lain dari tampilan wadah atau paket kemasannya. Tampilan wadah atau paket kemasan software, baik yang asli maupun yang bajakan hampir tidak ada bedanya. Hanya saja pada bagian belakang kamasan pack yang asli biasanya terdapat stiker dari importir resmi, sementara pada pack bajakan tidak ada. Selain dari paket kemasan, di bagian kepingan CD ada perbedaan yang bisa dilihat.Meskipun dinilai sudah berkualitas tinggi, kepingan CD software bajakan biasanya masih belum mampu membubuhkan beberapa 'identitas' kepingan asli berupa hologram yang menyatu di tepi luar dan dalam CD. software yang palsu jika ada hologramnya, maka itu hanyalah sebuah stiker. sotware palsu belum bisa membuat hologram yang langsung di kepingan. Meski kalau kita lihat secara sekilas akan tampak sama.  Selain kedua hal itu, terkadang penjual software juga menawarkan software maupun instalasi software yang sangat murah, misalnya jasa instalasi Windows yang hanya Rp 30 ribu. Penawaran dari penjual yang seperti ini patut kita curigai sebagai software bajakan. Kecuali, software-software aplikasi yang sederhana seperti software bel sekolah otomatis, software tutorial, software karaoke, CD pembelajaran dan sebagainya.
Cara Mendapatkan Software Asli
Untuk mendapatkan software yang asli atau bukan bajakan kita dapat membeli melalui toko-toko resmi yang terpercaya. Cara yang lain yaitu dengan beli software asli secara online. Dengan pembelian secara online maka kita akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan pemilihan, efisiensi secara waktu dan tentu saja dalam hal biaya. Kerena kita tidak harus berkeliling kota untuk mendapatkannya, mudah bukan?

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top