Pengertian dan Keunggulan Smartphone
Smartphone atau ponsel cerdas merupakan telepon genggam yang memiliki kemampuan dan fungsi seperti sebuah komputer. Berbeda dengan ponsel biasa yang kebanyakan hanya digunakan untuk telepon  dan SMS, smartphone merupakan telepon  yang dapat bekerja dengan sistem operasi yang menyediakan berbagai aplikasi yang mendukung hampir semua kebutuhan kita. Berbagai aplikasi yang dapat kita akses dari sebuah smartphone antara lain email (surat elektronik), yang memudahkan kita untuk saling berkirim surat maupun berkirim file/dokumen.
Selain email, smartphone menyediakan aplikasi social media (media sosial) yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara pribadi maupun bersama-sama. Aplikasi media sosial yang saat ini banyak digunakan antara lain Whatsapp, yang banyak digunakan untuk komunikasi secara pribadi maupun komunitas. Komunikasi secara pribadi melalui Whatsapp memungkin kita berkomunikasi secara individu dengan orang lain, mengirim gambar, video, emoticon, link website, dan lain-lain. Komunikasi secara komunitas melalui Whatsapp biasanya menggunakan fitur group. Melalui group Whatsapp kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang. Fitur ini biasanya digunakan oleh instansi, komunitas, maupun organisasi untuk berkomunikasi, baik secara formal untuk rapat online maupun sekadar saling menyapa dan mengobrol. Selain Whatsapp, media sosial yang banyak digunakan saat ini adalah Facebook, BBM, Twitter, Instagram, Line, dan lain-lain.
Peran Smartphone dalam Pembelajaran
Kemajuan teknologi yang semakin pesat kini merambah seluruh pelosok. Jika dahulu kemajuan teknologi identik dengan fasilitas yang dimiliki orang-orang kota, namun saat ini kemajuan teknologi tersebut dapat dengan mudah dinikmati oleh orang-orang di berbagai pelosok desa. Hal ini memberikan berbagai kemudahan bagi kehidupan masyarakat di semua bidang, salah satunya adalah pemanfaatan smartphone di bidang pendidikan.
Kehadiran smartphone yang dapat dibeli dengan mudah menjadi alternatif bagi keterbatasan sumber belajar bagi guru dan siswa. Jika dahulu sumber belajar hanya berpusat pada buku cetak yang jumlahnya terbatas, kini keterbatasan tersebut dapat diatasi dengan adanya fitur e-Book pada smarthphone. Berbagai buku sebagai sumber belajar bagi guru dan siswa dapat didownload dengan mudah untuk selanjutnya dijadikan sumber belajar. Untuk menikmati fitur ini kita cukup menambah atau menginstal aplikasi e-book reader seperti Adobe PDF Reader dan sejenisnya.
Selain e-book, kita juga dapat memanfaatkan sumber belajar lainnya, yaitu internet. Dengan kemudahan mengkases internet melalui smartphone guru dan siswa dapat menjelajahi dunia pengetahuan dengan leluasa. Banyak sekali website yang menyediakan fasilitas e-learning, seperti website pembelajaran berbasis Moodle. Dengan e-learning maka dapat diatasi keterbatasan ruang dan waktu dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran kini tidak hanya berada di ruang-ruang kelas pada jam pelajaran saja, tetapi dapat berlangsung kapan pun dan di mana pun.
Situs jejaring sosial pembelajaran juga merupakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa selain e-book dan website e-learning. Salah satu contoh situs jejaring sosial pembelajaran adalah Edmodo. Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan sebagai Facebook untuk sekolah dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Dengan Edmodo maka seorang guru akan lebih mudah untuk melakukan interaksi pembelajaran dengan siswa maupun dengan interaksi dengan orang tua siswa. Interaksi pembelajaran dengan siswa melalui Edmodo meliputi pemberian materi ajar, penugasan, kuis, poling, maupun penilaian. Dengan Edmodo guru dapat melaksanakan pembelajaran maya yang dapat didesain sebagaimana pembelajaran di sekolah.
Selain kemudahan-kemudahan tersebut, berbagai aplikasi dapat diperoleh guru dan siswa untuk mendukung pembelajaran. Misalnya aplikasi mobile edukasi, yang merupakan media pembelajaran berbasis mobile (smartphone dan tablet), maupun aplikasi-aplikasi yang mendukung tugas seorang guru. Berbagai aplikasi tersebut dapat kita peroleh, baik secara gratis maupun berbayar. itulah berbagai peran smartphone dalam pembelajaran, selain fungsi komunukasi sendiri yang telah dipaparkan di awal tulisan ini. Kini kita dengan mudah dapat memiliki smartphone, baik dengan membeli langsung di toko atau membeli smartphone secara online. Belanja  secara online menjadi solusi bagi keterbatasan jarak dan waktu kita.



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top