Zotero adalah perangkat lunak pengelolaan referensi yang berbasis Open Source. Zotero merupakan aplikasi gratis yang bisa diinstal di komputer apapun, baik Windows, Linux, bahkan Mac-OS sekalipun. Program ini mampu menata sistem kutipan dan daftar pustaka kita. Dengan demikian, hal yang dirasa berat dalam proses penulisan karya tulis ilmiah akan menjadi sangat dimudahkan.
Dengan Zotero maka  semua hasil pengutipan akan tersimpan dalam library kita. Sehingga, kita bisa memanfaatkannya untuk penelitian selanjutnya atau bahkan dikolaborasikan dengan library milik peneliti yang lain.

Berikut ini tutorial instalasi Zotero di komputer kita :

Langkah pertama kunjungi website Zotero.Org kemudian klik “Download Now”

image

Anda akan dibawa ke halaman download sebagai berikut :

image

Jika anda terbiasa menggunakan Mozila Firefox dan mendownload dari Mozila Firefox maka Zotero akan terinstal sebagai Plugin. Sedangkan di browser lain Zotero akan terinstal sebagai aplikasi tersendiri yang tetap terhubung ke browser. Langkah selanjutnya klik pada tombol “Zotero 4.0 for Firefox” atau “Zotero 4.0 for Windows” sesuai dengan browser maupun sistem operasi komputer anda. Jika sudah tunggu hingga proses download selesai.

Apabila proses download selesai maka klik 2x pada  hasil downloadnya, maka proses instalasi Zotero akan berjalan otomatis (klik “next” dan seterusnya hingga “Finish”). Maka Aplikasi Zotero telah berhasil diinstal dikomputer anda.

image

 

image

Selamat mencoba ! Semoga tutorial ini bermanfaat. Jangan lupa tuliskan komentar sebagai masukan bagi tulisan ini. Terima kasih.


2 comments:

  1. meski ga semudah word tapi bagus juga bisa edit
    great job...

    ReplyDelete
  2. Video tutorial Zotero berbahasa Indonesia lengkap. Link: https://www.youtube.com/playlist?list=PLSsVSZL5NUpAyXfzIM6ooXk7mcdTPq4uw

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top