image

Seiring banyaknya file dan data di komputer kita seringkali dihadapkan pada permasalahan penuhnya harddisk kita. Sehingga, tidak dapat lagi menampung data-data yang kita rasa penting untuk disimpan. JIka sudah demikian biasanya kita akan rela mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk membeli harddisk eksternal. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini telah ada sebuah  solusi, yaitu Google Drive. Dengan Google Drive kita bisa menyimpan dan mengamankan data-data kita tanpa rasa khawatir data akan hilang. Hal ini dikarenakan data-data yang kita simpan di Google Drive akan tetap tersimpan dan dapat kita edit, kita share maupun kita download sewaktu-waktu ketika kita membutuhkan. Bayangkan saja, jika kita menyimpan di harddisk kita bisa khawatir harddisk akan rusak maka di Google Drive data kita tetap aman selama kita bisa menjaga security akun Google kita.

Google Drive merupakan layanan penyimpanan data milik Google. Layanan ini diluncurkan pada bulan April 2012 lalu. Google Drive bisa kita manfaatkan  di URL drive.google.com . Kini Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. Google Drive memberikan kapasitas gratis sebesar 15 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Google Drive pun bisa kita instal di komputer kita dan kita sinkronasikan sehingga bisa kita buka sewaktu-waktu melalui Explorer.

 

Google Drive Solusi Rapat Jarak Jauh dan Diskusi Online

Bagi kita yang sering dihadapkan pada keterbatasan waktu dan jarak untuk diskusi kelompok atau rapat, maka Google drive pun bisa menjadi solusi. Kita bisa menggunakan Google Drive untuk mengunggah file yang bisa dikerjakan secara bersama-sama. Bahan untuk rapat atau diskusi kita upload kemudian setiap anggota rapat/diskusi kita beri alamat/URL file tersebut untuk kemudian dipelajari dan bisa melakukan editing data secara bersama-sama. Artinya, untuk membuat dan menyempurnakan sebuah data cukup kita lakukan dari rumah masing-masing tanpa harus bertemu secara langsung. Mudah bukan?
Tunggu tutorial selanjutnya mengenai cara menggunakan Google Drive, tentu saja hanya di SangPengajar.Com.  Silahkan beri masukan dan komentar untuk perbaikan web ini. Terima kasih atas kunjungannya.


1 comments:

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top