News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Edubox, Solusi Tepat Ujian Online

Edubox, Solusi Tepat Ujian Online

Edubox adalah suatu platform digital guna membantu guru dan sekolah dalam menyelenggarakan ujian secara daring (dalam jaringan, online). Edubox semakin relevan bagi sekolah, disebabkan oleh 2 (dua) faktor sebagai berikut:

Pandemi Covid-19

Pandemi ini menuntut kita untuk menjaga jarak satu sama lain. Dan sesuai instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), supaya sekolah melaksanakan proses belajar-mengajar secara PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Tidak hanya guru mengajar dan siswa belajar saja yang dilaksanakan secara jarak jauh, namun juga berbagai asesmen yang menyertainya. Di antaranya ada kuis, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.

Dalam pada guru dan siswa-siswa melaksanakan kegiatan akademik dari rumah masing-masing, dibutuhkan suatu aplikasi digital yang mendukung seluruh pelaksanaannya tersebut.

Yang paling utama harus dipenuhi adalah kemampuan aplikasi digital tersebut dalam melayani puluhan, ratusan, bahkan ribuan pengguna (user) sekaligus. Di sisi lain, pengalaman pengguna (User Experience, UX) dan antarmuka pengguna (User Interface, UI) tidak kalah pentingnya untuk menunjang pengguna. Yakni, lewat desain-desain yang memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi digital tersebut guna mengerjakan tugas-tugasnya dan mencapai tujuannya.

Asesmen Nasional

Ini adalah metode asesmen kualitas sekolah-sekolah yang dilaksanakan oleh Kemendikbud guna mendapatkan profil kualitas sekolah, membandingkannya satu sama lain, dan mengetahui tindakan apa yang penting untuk dilakukan selanjutnya.

Apabila Ujian Nasional (UN) merupakan metode untuk mengukur sekolah dan siswa sekaligus, maka AN hanya digunakan untuk menemukan profil kualitas tiap-tiap sekolah. Sedangkan untuk mengukur dan menguji siswa-siswa secara individual, akan dilakukan oleh sekolah masing-masing lewat Ujian Sekolah (US).

Asesmen Nasional (AN) terbagi 3 (tiga), yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Hanya dua asesmen pertama yang melibatkan siswa; kedua asesmen tersebut tidak menguji seluruh populasi siswa, melainkan sampel saja. Yakni kelas V, VIII, dan XI.

Ada 2 (dua) alasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengapa pelaksanaannya dilakukan di tengah jenjang.

Pertama, kalau dilakukan di tengah jenjang akan bisa memberikan waktu untuk sekolah dan guru dalam melakukan perbaikan sebelum anak lulus di jenjang itu.

Kedua, karena dilaksanakan di tengah jenjang, jadi tidak bisa digunakan sebagai alat seleksi siswa, sehingga tidak menimbulkan stres pada anak-anak dan orang tua akibat ujian yang sifatnya formatif.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

AKM mengukur aspek literasi dan numerasi dari siswa. Literasi adalah kemampuan memahami dan mengevaluasi bacaan. Lebih jauh lagi, siswa diharapkan mampu merefleksi isi teks secara lebih mendalam. Baik teks fiksi, maupun teks informasi.

Sementara Numerasi adalah kemampuan menerapkan konsep matematika dasar untuk menyelesaikan masalah. Numerasi terdiri dari Pemahaman Konsep dan Aplikasi Konsep.

Survei Karakter

Sedangkan Survei Karakter mengukur aspek karakter siswa. Survei karakter dilakukan untuk mengetahui data secara nasional mengenai penerapan asas-asas Pancasila oleh siswa Indonesia.

Survei karakter tersebut akan dijadikan tolok ukur untuk bisa memberikan umpan balik (feedback) ke sekolah-sekolah agar dapat menciptakan lingkungan sekolah yang membuat siswa lebih bahagia dan lebih kuat dalam memahami dan menerapkan asas pancasila.

Edubox

Aplikasi digital bernama Edubox akan membantu sekolah, guru dan siswa dalam melaksanakan berbagai asesmen dari sekolah. Baik itu yang bersifat “latihan” AKM dan Survei Karakter, maupun hingga asesmen yang benar-benar riil semisal Ujian Sekolah (US).

Teknologi Edubox memungkinkan pelaksanaan asesmen hingga ratusan pengguna (user). UI dan UX juga sudah didesain sedemikian rupa demi mempermudah dan mempercepat pekerjaan pengguna.

Tunggu apa lagi. Coba gratis di edubox.id. Informasi lebih lanjut di getedubox.com 

 

 

Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

Post a comment