Tidak Bisa Kirim Dokumen di Whatsapp, Inilah Solusinya

Masalah yang dialami para pengguna Whatsapp beberapa hari ini, bukan hanya tidak bisa mengirim dan menerima gambar. Pengguna WA juga tidak bisa mengirim dan membuka dokumen berupa file PDF, Word, dan sebagainya. Tentu saja kondisi ini menjadikan para pengguna WA kesulitan ketika akan mengirim dan membuka dokumen. Banyak pihak merasa dirugikan dengan kondisi. Lantas, bagaimanakah solusinya?

Dampak kebijakan pemblokiran sebagian fitur media sosial semakin dirasa. Whatsapp yang biasanya menyediakan fitur pengiriman dan buka dokumen, kini menjadi sulit dilakukan. Solusi berikut bisa Anda coba untuk mengirim dokumen di Whatsapp.

Kita bisa mengirim dokumen berupa file PDF/Word/Excel di WA dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Salah satunya adalah situs penyimpan dokumen yang dimiliki Google. Kita bisa menggunakan website ini untuk mengupload dokumen yang akan dikirim, mengubah seting berbaginya, dan membagikan tautannya. Website penyimpanan ini gratis dan relatif aman. 

Caranya pun cukup mudah. Pertama, silakan masuk ke web Google Drive dengan menggunakan akun Google Anda di link ini. Setelah web ini tampil, silakan lihat menu yang ada di sebelah kiri. 


Kedua, klik NEW lalu pilih FILE UPLOAD


Ketiga, pilih file dokumen yang akan dibagikan/share. Tunggu sampai proses upload dokumen dinyatakan komplit.

Keempat, klik pada nama dokumen yang baru saja diupload tersebut, maka dokumen akan terbuka. Klik tanda titik tiga dipojok kanan atas lalu klik Share


Terakhir, silakan klik Get shareable link untuk mendapatkan link dokumennya. Lalu klik Copy link dan bagikan ke yang akan diberi dokumen.


Link yang diberikan biasanya cukup panjang, Anda dapat memperpendek link dengan jasa web sortener URL.

Dengan begitu Anda tetap bisa berbagi dokumen melalui WA. Mudah bukan? Silakan dicoba!

No comments

Powered by Blogger.