Atasi Batuk Berdahak dengan 4 Bahan Alami Berikut Ini!


Batuk berdahak tentu akan sangat mengganggu kegiatan Anda. Umumnya penderita akan merasakan dada sesak, tenggorokan gatal, dan yang lebih parah suara berubah menjadi serak. Jika selama ini Anda selalu mengobati batuk berdahak dengan obat kimia, sebaiknya coba terlebih dahulu untuk mengobatinya dengan obat-obatan alami.

Atasi Batuk Berdahak dengan 4 Bahan Alami Berikut Ini!

Penyebab dari penyakit batuk berdahak ini yaitu infeksi dari bakteri, virus, dan juga jamur yang menyerang saluran pernapasan. Selain itu juga bisa disebabkan karena penyakit pilek, atau penyakit parah lain seperti bronkitis, pneumonia, dan juga PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis, penyakit yang parah tersebut tentu membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Nah, untuk mengatasi adanya lendir dari batuk tersebut, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan bahan-bahan alami berikut ini :

  1. Air putih hangat
Untuk mengobati batuk berdahak, Anda bisa mengonsumsi air putih yang banyak dengan suhu hangat. Ini berfungsi untuk mengencerkan lendir yang ada pada saluran pernafasan. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga selaput lendir tetap lembab dan mencegah lendir muncul lebih banyak dan bisa melegakan tenggorokan.
Seperti yang diketahui, minum air putih dengan jumlah banyak memang sangat bermanfaat. Tenggorokan yang sakit dan suara serak juga akan sembuh dengan Anda mengonsumsi banyak air putih hangat.
  1. Mengonsumsi madu
Madu memiliki sifat anti radang yang bisa mengobati batuk berdahak. Selain itu juga bisa mencegah infeksi bakteri yang menyebabkan batuk menjadi lebih parah karena sifatnya yang antibakteri.
Ketika Anda mengalami batuk yang berdahak, bisa langsung mengonsumsi madu, baik secara langsung, atau mencampurkan dua sendok teh madu ke dalam segelas air. Anda bisa meminumnya secara rutin satu hingga dua kali sehari. Agar lebih segar, Anda bisa menambahkan irisan lemon ke dalam segelas air madu.
Namun perlu diketahui pula, madu tidak aman bagi anak yang berusia di bawah 1 tahun, jadi lebih baik Anda gunakan madu sebagai obat batuk untuk orang dewasa saja atau anak-anak berusia di atas 5 tahun.
  1. Makanan dan minuman dengan campuran jahe
Biasanya jika mengonsumsi obat-obatan kimia muncul efek kantuk atau pusing untuk beberapa orang. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, bisa memilih bahan alami seperti jahe. Rempah satu ini bagus untuk sistem pernafasan Anda.
Jahe bisa meredakan rasa gatal dan juga sakit pada tenggorokan, karena termasuk ke dalam analgesik yang alami. Jahe juga memberikan rasa menyengat yang bisa membantu mencairkan lendir pada saluran pernafasan yang membuat Anda terus menerus batuk.
Selain itu, kandungan jahe juga bisa membuat otot di sekitar tenggorokan dan juga rahang yang tegang menjadi lemas karena efek batuk. Rempah jahe bisa Anda buat menjadi teh jahe, wedang jahe, sekoteng, ataupun makanan seperti sup ayam jahe.
  1. Mengunyah bawang putih
Obat alami untuk mengatasi batuk yang berdahak yaitu bawang putih. Selain untuk penyedap makanan juga bisa sebagai obat alami pereda batuk. Syaratnya Anda tidak terganggu dengan bau dari bawang putih satu ini.
Bawang putih memiliki kandungan bernama allicin yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab batuk. Bawang putih juga mempunya aifat antimikroba dan antiradang yang ampuh untuk melawan infeksi pada tenggorokan.

Demikian beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Tentunya dengan mengonsumsi bahan alami tersebut, tidak akan membuat Anda mengalami efek samping yang biasa muncul ketika mengonsumsi obat-obatan kimia. Selain itu mengonsumsi bahan alami ini juga dijamin lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia yang mungkin saja akan memberikan pengaruh negatif pada tubuh Anda.


No comments

Powered by Blogger.