Inilah Cara Memainkan Quiz Interaktif Kahoot

Setelah berhasil membuat quiz interaktif dengan Kahoot, saatnya kita memainkannya. Quiz ini dapat digunakan oleh guru saat penilaian di kelas agar suasan kelas lebih dinamis dan menyenangkan. Selain itu, quiz ini biasa dimainkan di berbagai pelatihan. Dengan quiz interaktif Kahoot, pelatihan tidak lagi terasa monoton dan membosankan.

Lantas, bagaimana cara memainkan quiz interaktif Kahoot ini? Pastikan Anda sudah membuat quiz yang akan dimainkan. Jika belum, silakan buat dahulu dengan menggunakan panduan berikut:

Selanjutnya, Anda tinggal memainkan quiz ini dengan langkah sebagai berikut.

Pertama, buka website Kahoot di alamat http://kahoot.com/ lalu masuk dengan akun yang sudah di miliki. Jika sudah, klik menu My Kahoots dan klik tombol Play, maka akan tampil sebagai berikut.

Pilih Classic untuk permainan satu lawan satu antar siswa!

Lalu, akan tampil Game PIN yang harus dimasukkan oleh tiap siswa/peserta. Beri intruksi siswa/peserta agar mengakses website https://kahoot.it/ dengan HP-nya lalu diminta memasukkan Game PIN yang tersedia. Biasanya, guru menyajikan game dengan bantuan LCD proyektor agar tampilannya bisa dilihat semua siswa.


Nama-nama siswa atau peserta quiz akan ditampikan seperti pada gambar di atas. Jika semua siswa/peserta sudah berhasil masuk, silakan klik tombol Start!

Tampilan quiz di layar guru sebagai berikut.


Tampilan layar HP siswa/peserta sebagai berikut.


Siswa/peserta quiz tinggal memilih tanda yang mewakili setiap opsi jawaban. Nilai tertingi secara otomatis diberikan kepada siswa/peserta yang menjawab dengan benar dan paling cepat. Dengan demikian akan ada kompetisi antar peserta. Suasana pun akan dinamis.

Setelah selesai, akan ditampilkan juara 1-3 lengkap dengan skornya.  


Nilai lengkap seluruh peserta juga dapat ditampilkan dengan klik tombol Get Results.


Nah, mudah bukan? Selamat mencoba!


No comments

Powered by Blogger.