Inilah Cara Menghitung Jumlah Kata dan Karakter di Word

Jumlah kata dan karakter di Microsoft Word cukup penting diketahui seorang penulis. Sering kali tulisan yang dibuat dipersyaratkan jumlah kata atau jumlah karakter minimalnya. Misalnya, tulisan seorang blogger yang bekerja sama dengan pihak tertentu. Biasanya dibatasi minimal 300-500 kata. Begitu juga penulis yang hendak mengirimkan tulisannya di media massa, pasti ada ketentuan jumlah kata atau karakter minimalnya.

Lantas bagaimana cara mengetahui jumlah kata dan jumlah karakter di Microsoft Word?

Kita tidak perlu menghitung jumlah kata maupun katakter secara manual. Jika jumlah katanya ratusan, tentu akan sangat repot kita menghitungnya. Microsoft Word menyediakan fitur untuk mengetahui jumlah kata sekaligus jumlah karakter yang sudah kita ketik.

Caranya sangat mudah. Kita tinggal melihat ke bagian kiri bawah layar. Di bagian ini tampak jumlah kata yang sudah kita ketik. Perhatikan gambar berikut!


Pada contoh ini, keterangan 632 words menunjukkan jumlah kata yang sudah kita ketik. Klik pada keterangan itu, maka akan muncul detail keterangan hitungan kata (word count) yang kita butuhkan. Tulisan tersebut terdiri atas: 632 kata, 3847 karakter tanpa spasi, dan 4465 karakter dengan spasi. Jumlah paragraf dan jumlah baris pun tersaji dengan jelas.

Nah, mudah bukan? Itulah cara mengetahui jumlah kata dan jumlah karakter di Microsoft Word. Semoga bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.