Daftar Barang yang Wajib Dibawa Saat Ibadah Umroh


Semua umat muslim tentu ingin mendapatkan kesempatan menjalankan ibadah umroh. Ziarah ke tanah suci akan menjadi pengalaman menarik yang tak terlupakan. Jika kita memiliki kemampuan finansial yang memadai, tentu kita tidak ingin menunda rencana tersebut.

Daftar Barang yang Wajib Dibawa Saat Ibadah Umroh

Kita harus mempersiapkan banyak hal agar ibadah umroh bisa berlangsung lancar tanpa gangguan besar. Itulah sebabnya kita harus cermat memeriksa daftar barang sebelum berangkat umroh. Beberapa barang berikut ini tentu tak boleh terlewatkan dari persiapan kita:

Tas Koper
Barang-barang yang akan kita bawa tentu harus dimuat dalam satu koper. Itulah sebabnya kita harus memilih tas koper berkualitas yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan. Usahakan untuk memilih tas koper yang ringan tetapi kuat. Alangkah lebih baik pula bila kita bisa memiliki koper yang anti pecah dan anti air.

Untuk urusan membeli tas koper, kita bisa mempercayakannya pada MatahariMall. Karena MatahariMall memiliki koleksi koper berkualitas yang lengkap. Tak sekadar mendapatkan koper yang kuat, kita pun leluasa memilih varian tampilan koper sesuai selera. Tinggal klik website MatahariMall, maka kita pun bisa segera memilih dan memesan koper yang kita butuhkan.

Buku Panduan Umroh
Aktivitas umroh bukan sekadar wisata di kawasan Timur Tengah. Oleh sebab itu, kita harus membawa buku panduan umroh untuk mendukung kelancaran beribadah. Jangan sampai buku panduan tersebut tertinggal dan menyulitkan kita menunaikan kewajiban ibadah selama berada di tanah suci.

Perlengkapan Ibadah
Selain buku umroh, perlengkapan ibadah juga menjadi barang wajib yang harus kita bawa saat umroh. Kaum pria membutuhkan kain ihram sedangkan kaum wanita membutuhkan mukena putih. Kita juga wajib membawa sajadah yang teksturnya ringan dan tidak mudah kusut. Agar kita tidak kesulitan membawa sajadah tersebut ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Peralatan ibadah yang mudah dilipat dan ringkas tak akan membebani barang bawaan kita.

Sunblock
Kawasan Timur Tengah memiliki iklim yang panas dan kering sepanjang tahun. Iklim tersebut bisa mempengaruhi kesehatan kulit bila kita tidak cermat mempersiapkan antisipasinya. Jadi, sebaiknya kita membawa sunblock untuk melapisi kulit selama beraktivitas di tanah suci. Pilihlah sunblock dengan kandungan Sun Protecting Factor (SPF) yang tinggi. Supaya produk sunblock tersebut bisa melindungi kesehatan kulit kita selama seharian. Menggunakan sunblock akan membantu menjaga kelembapan kulit dan menangkal dampak buruk sinar UV terhadap kesehatan kulit.

Alas Kaki
Jenis alas kaki yang tepat untuk ibadah umroh adalah alas kaki yang lentur dan bisa menutupi seluruh bagian kaki. Jangan sampai udara panas di tanah suci membuat kaki kita merasa tidak nyaman selama beribadah. Pastikan bahwa kita sudah menggunakan alas kaki terbaik yang nyaman dan membuat kita leluasa bergerak selama umroh.

Obat-Obatan
Jenis obat-obatan sederhana seperti obat pusing, obat sakit perut, plester, dan obat merah juga tak boleh luput dari perhatian kita. Pastikan bahwa kita membawa obat-obatan tersebut dalam tas. Jika terjadi kecelakaan kecil selama ibadah umroh, kita tak akan kesulitan mencari obat yang kita butuhkan.

Uang Tunai
Jangan lupa menyiapkan mata uang Arab Saudi bila akan beribadah umroh. Walaupun kita bisa menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, tetap saja ada sejumlah pedagang tradisional yang hanya menerima uang tunai. Jadi, siapkan uang tunai secukupnya sebagai bekal perjalanan. Maka kita pun tak akan kesulitan bila ingin membeli barang tertentu saat di tanah suci.

Periksa kembali persiapan barang yang akan dibawa saat ibadah umroh. Jangan sampai ketujuh barang penting tersebut malah tertinggal dan membuat kita repot. Selamat menunaikan ibadah umroh!

No comments

Powered by Blogger.