Cara Cepat Input Soal ke Moodle (Bagian 1)

Moodle saat ini masih menjadi LMS pilihan dalam pengembangan e-learning. Berbagai website sekolah maupun perguruan tinggi menggunakan Moodle sebagai platform e-learning yang dikembangkan. Salah satu provider yang menggunakan Moodle adalah PT Telkom. Melalui Program Indonesia Digital Learning (IDL) PT Telkom mengembangkan e-test dengan platform Moodle.

Pelatihan IDL yang digelar saat ini memberikan keterampilan guru dalam mengembangkan e-test­. Para peserta pelatihan digembleng untuk membuat bank soal dan membuat lembar soal bagi siswa. Lembar soal inilah yang nantinya akan dapat diakses oleh siswa untuk simulasi UNBK maupun penilaian harian.

Permasalahan yang dirasakan oleh peserta adalah sulitnya input soal ke Moodle IDL. Peserta harus membuat database soal menggunakan Notepad (atau Notepad++) yang dinilai cukup rumit. Pasalnya, peserta dihadapkan berbagai kode seperti kerja seorang programmer. Namun, kini ada cara mudah menginput soal di Moodle. Bagaimanakah caranya?

Input Soal di Moodle dengan Moodle XML Converter
Salah satu cara yang dapat anda coba adalah menggunakan Moodle XML Converter. Apakah Moodle XML Converter itu? Moodle XML Converter adalah program yang dapat mengubah teks menjadi file dalam format XML. Kita tahu format XML merupakan salah satu format database soal yang dapat diimpor di Moodle. Artinya, kita bisa dengan mudah mengubah file word atau teks soal menjadi XML dan mengimpornya ke Moodle. Nah, mudah bukan?

Lantas, bagaimana cara menggunakan Moodle XML Converter dan mengimpornya di Moodle?

Pertama, ubah soal dalam format Ms Word seperti ini:

Cara Cepat Input Soal ke Moodle

Hilangkan setiap soal nomor soal dan tambahkan kunci jawaban tiap soal dengan format: “Answer : A”, misal jawabannya A.

Kedua, masuk ke website Moodle XML Converter dengan klik di sini. Silakan login menggunakan akun Facebook anda. Kemudian, pilih menu Quiz XML.
berikut:
Cara Cepat Input Soal ke Moodle

Ketiga, Pilih pengaturan soal dengan mengisi Parser Options dan XML Options seperti ini:
seperti 


Cara Cepat Input Soal ke Moodle


Copy dan paste soal yang sebelumnya dibuat di Ms word pada langkah pertama. Lalu, klik Download. Tentukan tempat penyimpanan file dalam bentuk XML itu.

Sampai sini kita sudah selesai membuat database soal dalam bentuk file XML. Lalu,bagaimana cara mengimpornya di Moodle? Ikuti tutorial selanjutnya! Semoga bermanfaat!

Tutoial bagian 2 : Klik di sini



No comments

Powered by Blogger.