Persiapan Penting Sebelum Mendirikan Lembaga Bimbingan Belajar

Saat ini banyak peluang kerja yang bisa dimanfaatkan. Tapi, sekalipun kita bisa multitasking dengan berbagai hal, bukan berarti kita bebas menghandle beberapa bidang sekaligus. Mungkin kita bercermin pada orang lain yang ‘mampu’ multitasking dengan baik, tapi alangkah baiknya jika perihal ini dikembalikan lagi pada kapasitas kemampuan diri. Ya, bukankah sesuatu yang terlalu dipaksakan juga tidak baik?

Persiapan Penting Sebelum Mendirikan Lembaga Bimbingan Belajar

Berbicara tentang peluang, tidak sedikit pula peluang usaha yang siap kita seleksi. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan supaya nantinya keputusan yang diambil benar-benar tepat dan tidak akan membebani kita di lain hari. Apabila masih bingung, mungkin kita bisa mendirikan lembaga bimbingan belajar untuk pelajar. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membangun bimbingan belajar tersebut? Berikut ulasannya.

Bentuk Konsep dan Rencana Bisnis
Sebelum mendirikan bimbingan belajar, ada baiknya kita menentukan konsep beserta rencana bisnis terlebih dahulu. Poin ini meliputi konsep bangunan bimbel hingga siapa saja yang nantinya menjadi target pasar dari bimbel tersebut. Apabila rencana bisnis ini sudah ditentukan, kita akan lebih mudah dalam membuat konsep atau gambaran tentang bangunan bimbel. Entah dari desain hingga material bangunan, seperti; beton instan mix dan lainnya.

Persiapkan Nama Bimbingan Belajar
Mengingat kita merintis usaha bimbingan belajar dari nol, maka memikirkan nama yang tepat untuk bimbel merupakan keharusan. Sekilas terdengar sepele, tapi ini juga penting untuk diprioritaskan. Pilihlah nama bimbel yang mudah diucapkan dan mudah diingat dalam sekali baca.

Persiapkan Administrasinya
Selain menentukan konsep dan nama bimbel, selanjutnya kita harus mempersiapkan administrasinya. Administrasi ini meliputi; form pendaftaran, brosur, spanduk dan lainnya. Mungkin ada yang berpikiran tahapannya terlalu cepat dan melompat-lompat, namun ini perlu dipikirkan sejak awal agar rencana mendirikan bimbel jelas arah dan tujuannya.
Bahkan jika administrasi ini tadi sudah disiapkan sejak awal, kita bisa mempromosikan bimbel tersebut. Meskipun gedungnya masih dalam proses pembangunan, setidaknya kita mulai mengenalkan bimbel kepada khalayak. Jadi, usai gedung bimbel selesai dibangun, semua peserta didik yang mendaftar bisa langsung menempati gedung dan mulai belajar.

Persiapan Tempat Kegiatan Belajar
Jika memungkinkan, sebaiknya kita mencari lokasi yang strategis. Dekat dengan pemukiman atau dekat dengan sekolah-sekolah. Tapi apabila tidak memungkinkan, dimanapun tempatnya selama masih bisa dijangkau dengan mudah juga bukanlah kendala yang berarti. Asalkan kita bisa memberikan fasilitas dan tentor yang memadai, bimbel tetap akan dicari meski lokasinya kurang strategis.
Sebelum proses pembangunan dimulai, akan lebih baik jika kita berkonsultasi atau mencari banyak informasi tentang desain bangunan bimbel yang bagus. Selain desain, cari tahu juga material bangunan yang berkualitas, seperti beton mix instan lengkap dengan cara penggunaan beton instan.  Ini dimaksudkan agar nantinya bangunan bimbel benar-benar kuat dan kokoh.

Persiapan Tentor
Selama proses pembangunan gedung bimbel berlangsung, kita juga harus mempersiapkan tentor-tentor yang nantinya akan kita ajak bekerjasama menghidupkan bimbel yang baru saja dibangun. Jika ada, kita bisa meminta teman-teman untuk turut mengisi materi di bimbel. Namun apabila tidak ada, kita bisa membuka lowongan kerja untuk bagian tentor. Lakukan seleksi dengan cermat dan tepat. Pastikan kita mendapatkan tentor atau guru yang kompeten di bidangnya.


Demikian tadi beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendirikan lembaga bimbingan belajar hingga membangun gedung bimbel. Upayakan yang terbaik untuk memberikan tempat belajar yang nyaman untuk peserta didik bimbel nanti. Dengan begitu, diharapkan bimbel ini bisa mencetak generasi-generasi muda yang berwawasan luas.  

No comments

Powered by Blogger.