Inilah Panduan Teknis Ekstrakurikuler Terbaru

Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pengembangan potensi peserta didik sebagaimana dimaksud dalam tujuan pendidikan nasional tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Inilah Panduan Teknis Ekstrakurikuler Terbaru


Kegiatan ekstrakurikuler mengarahkan kebutuhan perkembangan peserta didik yang berbeda. Kegiatan  ekstrakurikuler terdiri atas ekstrakurikuler wajib dan ekstra kurikuler pilihan. Kegiatan ekstrakurikuler wajib berbentuk pendidikan kepramukaan,  merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diselenggarakan oleh satuan pendidikan dan wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler pilihan merupakan  kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan dan diselenggarakan oleh  sekolah  sesuai bakat dan minat peserta didik.

Kemdikbud telah menerbitkan Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler bagi sekolah. Panduan ini diterbitkan agar sekolah  lebih terarah dan mudah menyusun kegiatan ekstrakurikuler dalam rencana program tahunan maupun dalam pelaksanaan evaluasi.

Salah satu kewajiban pengampu ekstrakurikuler, menurut panduan Kemdikbud tersebut, adalah membuat Panduan Ekstrakurikuler. Panduan ini dimaksudkan agar mempermudah peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. Lantas, apa saja isi panduan esktrakurikuler yang harus dibuat?

Isi panduan  kegiatan ekstrakurikuler yang diberlakukan pada satuan pendidikan minimal memuat: (a) Pendahuluan yang terdiri atas latar belakang dan tujuan, (b) Penanggungjawab, (c) Tempat dan waktu pelaksanaan, (d) Peserta, (e) Materi /program/kegiatan, (f) Penilaian, (g) Pembiayaan, (h) Penutup terdiri atas kesimpulan dan saran.


Lebih jelasnya, silahkan download dan pelajari Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler SMP di link ini. Semoga bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.