Ikuti Olimpiade Literasi Nasional 2017 Berhadiah 15 Juta

Ajang perlombaan di bidang literasi kembali dibuka. Kali ini lomba digelar oleh Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Lembaga ini menggelar lomba dengan tajuk de literasi atau Olimpiade Literasi Nasional. Kegiatan ini merupakan olimpiade literasi pertama dan terbesar di Indonesia. Lomba ini melibatkan semua elemen sekolah baik siswa, guru, kepala sekolah, pengawas, dan konsultan sekolah.

Ikuti Olimpiade Literasi Nasional 2017 Berhadiah 15 Juta


Olimpiade Literasi Nasional 2017 digelar dalam empat kategori perlombaan yaitu:

Kategori pertama: Budaya Literasi Sekolah. Peserta membuat tulisan inspiratif tentang bagaimana sekolah membudayakan literasi. Peserta terbaik akan menjadi bagian dari jaringan Sekolah Literasi Indonesia dan mendapatkan pendampingan dari Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.

Kategori kedua: Literasi Siswa. Peserta membuat tulisan inspitarif tentang mimpi atau harapan terhadap sekolahnya dimasa depan. Selain lomba menulis, kategori Literasi Siswa juga mencakup minat baca, lomba membaca cepat, dan lomba membaca pemahaman. Untuk lomba minat baca, membaca cepat dan membaca pemahaman dikhususkan untuk sekolah yang didampingi Konsultan Relawan (KAWAN) SLI.

Kategori ketiga: Literasi Guru. Peserta lomba ini adalah guru yang memiliki pengalaman dalam membudayakan literasi di dalam kelas. Tulisan yang dibuat dalam bentuk artikel bebas dan dilengkapi dengan tiga foto aktivitas di dalam kelas. Peserta terbaik dalam kategori ini akan mendapatkan tiket emas untuk bergabung menjadi Asosiasi Konsultan SLI 2018. Selain lomba menulis, khusus bagi penerima manfaat program SLI dapat mengikuti Sayembara Cipta Mars SLI. Mars terbaik akan diresmikan menjadi mars SLI.

Kategori keempat: Pegiat Literasi Masyarakat. Sebagai bentuk apresiasi terhadap aktivis literasi, SLI membuat kategori lomba Pegiat Literasi Masyarakat. Peserta lomba diminta menulis artikel bebas tentang membudayakan literasi di masyarakat. Tulisan harus dilengkapi dengan tiga foto aktivitas yang sesuai.

Kegiatan lomba mulai dilaksanakan 11 September 2017 sampai 11 Oktober 2017. Dalam pelaksanaannya panitia akan melakukan seleksi terhadap hasil karya yang masuk. Seleksi berupa seleksi karya dan seleksi wawancara akan dilaksanakan pada 16 – 20 Oktober 2017. Formulir pendaftaran dan petunjuk teknis dapat didowload di alamat berikut:

Formulir Pendaftaran de literasi 2017 [Download]


Petunjuk Teknis de literasi 2017 [Download]

4 comments:

  1. sebuah wadah yang membangun generasi emas masa depan dan meningkatkan karakteristik dunia pendidikan kususnya "membaca"

    ReplyDelete
  2. Wadah yang dapat menginspirasi sang pengajaran dengan segala talenta dan potensi diri tertuang secara optimal

    ReplyDelete
  3. Memang seharusnya seperti ini...perbanyak lomba yang mengasah otak dan kemampuan individu dan kelompok. Maju terus literasi Indonesia. salam literasi

    ReplyDelete
  4. saya sebagai siswa sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini karena mengasah minat baca dan menulis khususnya di ligkup sekolah. salam dari surabaya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.