Kekurangan Dan Kelebihan Laptop Dell

Laptop Dell adalah sebuah merek laptop yang dibuat oleh Michael Dell pada tahun 1984 ketika masih menjadi seorang mahasiswa di University of Texas di Austin. Pada awalnya perusahaan Dell didirikan dengan modal yang sangat terbatas, yaitu hanya $1000. Perusahaan tersebut pertama kali didirikan di sebuah kamar asrama milik Michael Dell. Michael Dell kemudian memulai bisnisnya dengan menjual sistem komputer pribadi secara langsung kepada pelanggan. Pada tahun 1985, Dell mulai memproduksi komputer pertamanya yang didesain sendiri dengan nama PC Turbo. Komputer pertama tersebut dijual dengan harga $759.
Kekurangan Dan Kelebihan Laptop Dell
Pada tahun 1996, Dell mulai menjual produknya melalui situs website secara online. Selanjutnya pada tahun 2003 perusahaan milik Michael Dell ini berubah nama menjadi Dell Inc. Dell kemudian mengakuisisi produk laptop Alienware pada tahun 2006. Setelah itu masih di tahun yang sama, pada tanggal 1 November 2006, situs Dell mulai menawarkan notebook berbasis prosesor AMD  dengan pilihan single core MK-36 prosesor, dual core Turion X2 chip yang diberinama Inspiron 1501 dengan layar berukuran 15.4 inci.

Jenis-Jenis Laptop Dell
Laptop Dell memiliki beberapa tipe laptop yang disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya. Jenis-jenis laptop Dell tersebut memang sengaja dibuat untuk memudahkan calon pembeli dalam mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak perlu repot-repot lagi mencari atau tanya-tanya tentang spesifikasi dan harga notebook Dell tersebut. Cukup dengan menyebutkan tipenya saja maka hal tersebut pasti langsung diketahui oleh si penjual. Jenis-jenis laptop Dell diantaranya adalah Dell Inspiron, Dell Alienware, Dell XPS, dan Dell Vostro. Lantas apa saja perbedaan dari ke 4 jenis laptop Dell tersebut? Berikut ulasan singkatnya.
·         Dell Inspiron
Laptop Dell Inspiron dibuat dengan menyasar pangsa pasar pelajar dan kantoran. Dengan kata lain laptop Dell jenis ini memang dibuat untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti pengetikan, excel, dan lain sebagainya. Walau begitu, performa dari jenis ini cukup mumpuni dan tahan lama.

·         Dell XPS
Laptop Dell XPS hampir mirip dengan jenis Inspiron. Bedanya laptop Dell XPS memiliki tingkatan lebih tinggi dari Inspiron. Sehingga Dell XPS masih mendukung untuk bermain game dengan grafis-grafis sedang.

·         Dell Vostro
Laptop Dell Vostro menyasar pangsa pasar pebisnis kecil atau UKM. Karena yang disasar adalah pebisnis kecil, maka tidak seperti laptop untuk kalangan bisnis lainnya yang banderol dengan harga mahal, laptop Dell ini dibanderol cukup murah. Prosesor yang digunakan pun termasuk kelas atas dengan mengandalkan Core 2 Duo T9550 berkecepatan 2.6 GHz. Sayangnya VGA yang digunakan masih Onboard GMAX4500 sehingga kemampuan grafisnya tidak istimewa. Selain itu juga baterainya hanya berkapasitas 3200 Wh. Alhasil laptop ini hanya mampu bertahan sekitar 1 jam saja ketika digunakan untuk memutar video HD. Akan tetapi kabar baiknya adalah dengan baterai yang tergolong kecil tersebut, membuat laptop ini cukup ringan untuk kelas 12 inci.

·         Dell Alienware
Laptop Dell Alienware adalah laptop dengan spesifikasi kelas atas. Laptop Dell ini hadir setelah Dell mengakuisisi Alienware. Laptop ini memang dihadirkan untuk para gamer. Selain itu juga Alienware sangat mendukung untuk berbagai pekerjaan yang membutuhkan kualitas grafis yang sangat tinggi seperti untuk para desainer. Karena pangsa pasar yang disasar adalah para gamer tingkat tinggi, dan spesifikasi yang dihadirkan juga sangat kelas atas, maka tak heran jika harga dari laptop Dell satu ini dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah.

Nah, setelah mengetahui berbagai macam jenis laptop Dell saatnya untuk mengetahui berbagai macam kelebihan dan kekurangan dari produk ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Laptop Dell.
Setelah membahas sedikit mengenai sejarah dari laptop Dell selanjutnya akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangannya. Berikut ulasannya.

·         Kelebihan Laptop Dell
1.    Dengan menggunakan bahan Chromium pada casing, laptop Dell memiliki kesan yang kokoh dan tahan banting.
2.    Untuk para pengguna Open Source seperti Linux, menggunakan laptop ini akan sangat membantu sekali karena pada beberapa laptop telah terinstall OS ini.
3.    Dengan segala spesifikasi yang dimilikinya, produk Dell ini masih memiliki harga yang cukup terjangkau, kecuali untuk jenis Alienware.
4.    Salah satu kelebihan dari Dell yang tidak dimiliki oleh produsen laptop lainnya adalah memiliki service center dengan pelayanan khusus. Pelayanan khusus tersebut adalah pelanggan atau pengguna dapat memanggil teknisinya ke rumah dan proses perbaikan laptop dapat dilakukan pada saat itu juga di rumah si pelanggan.
Setelah mengetahui kelebihan yang dimiliki laptop Dell, maka seperti pepatah yang mengatakan bahwa tak ada gading yang tak retak, laptop ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti dibawah ini.

·         Kekurangan Laptop Dell
1.    Sebagian seri laptop ini memiliki desain bodi yang kaku sehingga terkesan hanya untuk pekerja kantoran saja. Bagi pelanggan yang juga mementingkan gaya tentunya hal ini kurang disukai.
2.    Penyebaran kantor service center yang tidak merata sehingga sedikit menyulitkan jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Kadang-kadang terjadi penumpukan pada beberapa service center yang mengakibatkan pelayanan service ataupun garansi cukup memakan waktu lama. Padahal service center Dell memiliki fasilitas layanan khusus dengan memanggil teknisi ke rumah. Tentu layanan khusus tersebut akan terasa sia-sia jika penyebaran kantor service center tidak merata.

Nah, itulah beberapa kekurangan yang dimiliki Dell. Kekurangan-kekurangan tersebut hanya sebatas desain dan layanan service center saja dan bukan masalah performa dari laptop. Hal tersebut menunjukan bahwa laptop Dell memiliki kualitas yang baik dan tidak terbantahkan lagi.

Dell memang membanderol produk-produk terbarunya dengan harga yang sedikit mahal, diatas harga produk lainnya yang sejenis yang beredar dipasaran. Hal tersebut memang disesuaikan dengan kualitas dan spesifikasi dari laptop tersebut.

Jika berbicara mengenai spesifikasi, Dell menyediakan dua pilihan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Pilihan tersebut diantaranya adalah pilihan prosesor yang digunakan. Dell menyiapkan prosesor dari Intel dan juga dari AMD. Dari Intel pun bermacam-macam seperti Core i3, Core i5 hingga yang paling terbaru Core i7. Ukuran layar pun demikian, ada yang berukuran 14 inci dan ada yang lebih dari itu. Untuk harga, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, laptop Dell dibanderol mulai dari harga 3 jutaan, 4 jutaan, 5 jutaan, 6 jutaan, 7 jutaan hingga lebih dari 10 jutaan.

Nah demikianlah sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh laptop Dell di Indonesia. Sebelum membeli laptop sebaiknya memang mengetahui terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari laptop tersebut. Dengan mengetahui berbagai macam kelebihan maupun kekurangannya maka anda tidak akan merasa kecewa saat membelinya nanti. Semoga dengan membaca ulasan ini dapat membantu anda dalam menentukan laptop Dell apa yang akan anda beli nantinya.





1 comment:

  1. Makasih infonya.saya lagi nyari refensi ada perencanaan mw beli dell

    ReplyDelete

Powered by Blogger.