Siapa yang tidak ingin memiliki buah hati yang pandai membaca dan menulis? Tentu saja setiap orang tua menginginkan anaknya pandai dalam hal ini. Kita dapat mengasah kemampuan membaca si buah hati dengan berbagai cara, di antaranya dengan mengenalkan berbagai buku dalam setiap aktivitas kesehariannya. Selain itu, kita juga harus menciptakan suasana yang nyaman dan menarik sehingga buah hati kita dapat lebih bersemangat untuk membaca. 

Inilah Cara Mengajar Anak Membaca dan Menulis Dengan Cepat

Kenyamanan tempat serta penataan yang menarik akan dapat memberikan stimulus membaca buah hati kita. Tentu saja tidak hanya penyiapan tempat yang mendukung. Kita juga perlu melaksanakan berbagai aksi nyata dalam mengajarinya membaca dan menulis. Berikut ini cara mengajar anak membaca dan menulis secara cepat yang dapat anda terapkan di rumah.

1# Kenalkan anak dasar membaca yang baik
 Kita perlu mengenalkan dasar-dasar membaca yang baik kepada buah hati kita sejak awal. Salah satu dasar membaca yang baik ini adalah mengenai fonem atau bunyi bahasa. Buah hati perlu memahami berbagai kata yang memiliki rima dan suku kata yang mirip, seperti kata “lapar” dan “datar atau pun kata “nasi” dan “basi”. Kita bisa mengenalkan tentang rima melalui berbagai strategi, diantaranya dengan pantun. Anak dapat kita kenalkan dengan berbagai pantun yang memiliki bunyi akhiran yang sama.

2# Selalu ajak anak berkomunikasi
Komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak akan menambah kosakata yang dimiliki anak. Dengan kosakata yang semakin banyak tentu saja anak akan semakin mudah dalam membaca dan menulis, karena kata-kata yang dibacanya sudah familiar bagi anak. Salah satu cara menambah kosakata tersebut adalah dengan selalu mengajak anak berkomunikasi dan membacakan buku cerita yang disukai anak. Dengan demikian kosakata anak akan semakin bertambah banyak dan anak semakin mudah dalam membaca dan menulis.

3# Dampingi dan beri pujian
Jika buah hati belum lancar dalam membaca, berilah kesempatan yang luas untuknya. Biarkan si buah hati menikmati proses belajarnya secara perlahan.  Orang tua mesti mendampingi buah hatinya di saat belajar sertia memberi pujian di saat anak berhasil membaca sebuah kalimat. Kadang kita juga bisa membantu si buah hati dengan membacakannya lalu meminta buah hati untuk menirukan apa yang kita bacakan. Dengan demikian buah hati kita akan lebih mudah dalam memahami sebuah kata.

Demikain beberapa cara mengajar anak membaca dan menulis. Berbagai tips ini dapat anda terapkan bersama buah hati. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren? IBX58B98235CDCFA
Top