Kabar baru datang dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). NASA mengumumkan penemuan tujuh exoplanet seukuran Bumi yang layak huni. Penemuan ini menyedot perhatian publik, bahkan Kamis (23/2) tema ini menjadi Google Doodle yang mengundang perhatian publik.

Baru, Exoplanet Layak Huni Mirip Bumi Ditemukan


Apa itu Exoplanet?
Exoplanet adalah planet yang ditemukan di luar Tata Surya. Exoplanet hampir sama dengan planet-planet dalam susunan Tata Surya kita, bedanya exoplanet mengorbit pada sebuah bintang tunggal, tetapi bukan matahari kita.

Exoplanet Layak Huni
Tiga dari tujuh exoplanet planet yang ditemukan tersebut tersebut berada di zona yang layak huni. Penemuan exoplanet ini merupakan prestasi baru bagi NASA. Penemuan baru ini dilansir dari situs resmi NASA. Planet-planet tersebut berada di atmosfer, sehingga kemungkinan terdapat air di exoplanet tersebut sebagai sumber kehidupan.

Thomas Zurbuchen, Associate Administrator Science Mission Directorate di Washington dikutip dari situs resmi NASA, Kamis, 23 Februari 2017, menyatakan bahwa penemuan tersebut menjadi bagian penting dari teka-teki untuk menemukan lingkungan yang layak huni, tempat-tempat yang kondusif untuk hidup. "Menjawab pertanyaan 'apakah kita sendiri' adalah prioritas ilmu pengetahuan yang paling tinggi dan menemukan planet sebanyak ini untuk pertama kalinya di zona layak huni merupakan langkah maju yang luar biasa untuk mencapai tujuan itu," imbuhnya. 


Exoplanet ini berjarak 40 tahun cahaya (235 triliun mil) dari Bumi. Susunan planet ini relatif dekat dengan bumi, berada di konstelasi Aquarius. Karena mereka berada di luar sisitem tata surya, planet-planet ini secara ilmiah dikenal sebagai exoplanet.

1 comments:

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren? IBX58B98235CDCFA
Top