News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Produk Impor vs Produk Asli Indonesia, Pilih Mana?

Produk Impor vs Produk Asli Indonesia, Pilih Mana?

Persaingan produk lokal dengan produk impor semakin tak terelakkan. Berbagai produk impor dari luar negeri membanjiri negeri ini. Produk lokal pun seakan terpinggirkan oleh arus produk impor yang terus menggerus produk asli Indonesia. Banyaknya penyedia produk kreatif 100% Indonesia yang mendunia turut menjadi “simbol perlawanan” membanjirnya produk impor saat ini. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah pilih mana antara produk impor dan produk lokal? Tentu saja jawabannya adalah pilih produk lokal atau produk asli Indonesia.

Mengapa Bangga Menggunakan Produk Asli Indonesia?
Produk lokal saat ini terus dikampanyekan agar tidak semakin terpinggirkan. Kampanye cinta produk dalam negeri dilakukan oleh banyak instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta. Kampanye ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap produk asli Indonesia. Kita memang harus bangga menggunakan produk asli Indonesia. Produk Indonesia memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki produk impor. Berikut lima alasan mengapa kita harus bangga menggunakan produk asli Indonesia.

Produk Impor vs Produk Asli Indonesia, Pilih Mana?


1# Mendukung Ekonomi Kerakyatan
Bangga menggunakan produk asli Indonesia berarti turut mendukung ekonomi kerakyatan. Dengan menggunakan produk asli Indonesia,  maka secara tidak langsung kita telah menopang perekonomian para produsen produk lokal. Laba dari pembelian produk asli Indonesia akan dinikmati oleh saudara kita sendiri. Hal ini akan turut meningkatkan kesejahteraan para produsen produk lokal. Bandingkan ketika kita mengkonsumsi produk impor, kemanakah laba kita berikan? Tentu saja laba akan dinikmati oleh para produsen dari luar negeri. Jika saat ini saudara-saudara kita para produsen produk lokal butuh meningkatkan kesejahteraan mereka, mengapa uang yang kita gunakan untuk membeli produk diberikan kepada para produsen luar negeri?

2# Produk Asli Indonesia Lebih Ramah Lingkungan
Produk asli Indonesia dikemas dan diproduksi lebih ramah lingkungan. Tengoklah proses pembuatan batik asli Indonesia! Kita akan mengetahui bagaimana batik asli Indonesia di berbagai daerah dikerjakan langsung oleh para produsen menggunakan tangan mereka, bukan menggunakan mesin. Hal ini menunjukkan produk batik asli Indonesia lebih ramah lingkungan. Demikian juga produk buah lokal, diproduksi, dikemas dan didistribusikan dengan lebih ramah lingkungan. 

3# Produk Asli Indonesia Membuat Kita Tampil menarik 
Selain mendukung ekonomi kerakyatan dan lebih ramah lingkungan, alasan harus bangga menggunakan prosuk asli Indonesia adalah agar kita tampil menarik dan sesuai dengan karakteristik bangsa kita. Berbagai produk asli Indonesia menunjukkan budaya dan ciri khas bangsa Indonesia. Dengan menggunakannya maka kita akan tampil menarik sesuai karakter bangsa kita sendiri. Bayangkan jika para perempuan Indonesia mengenakan busana impor yang tak sesuai dengan budaya bangsa. Tentu saja hilang sudah karakteristik bangsa kita, karena busana mereka bukan bagian dari budaya luhur bangsa kita.

4# Menunjukkan Eksistensi Produk Indonesia
Persaingan sengit antara produk asli Indonesia dan produk impor akan berakhir dengan tersingkirnya salah satu di antara kedua produk tersebut. Dengan kita menggunakan produk lokal secara tidak langsung kita turut mempertahankan eksistensi produk asli Indonesia tersebut. Produk impor dapat kita bendung dengan menggunakan produk asli Indonesia di setiap kesempatan kita berbelanja. Jika saat ini para wisatawan asing bangga menggunakan baju batik atau produk asli Indonesia lainnya, mengapa kita tidak bangga?

5# Produk Asli Indonesia Diproduksi untuk Kita 
Berbagai produk asli Indonesia diproduksi oleh saudara-saudara kita sendiri. Produk ini diproduksi dan dikemas sesuai dengan karakteristik bangsa kita. Artinya, produk asli Indonesia diproduksi memang untuk kita. Ironis sekali jika kita sendiri tak mau menggunakan produk yang dibuat untuk kita dan malah bangga menggunakan produk dengan brand asing. 

Beli Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com
Blibli.com merupakan salah satu toko online yang menyediakan 100% produk kreatif asli Indonesia. Kita bisa dengan mudah mendapatkan berbagai produk kreatif asli Indonesia di Galeri Indonesia Blibli.com. Aneka batik, kerajinan khas Indonesia, dan wisata Indonesia bisa kita dapatkan di toko online ini. Tak hanya itu, Galeri Indonesia Blibli.com juga menyediakan aneka buku & musik Indonesia, kriya, kuliner lokal, local brands, pakaian muslim Indonesia, produk kecantikan, tiket & travel lokal Indonesia, dan sebagainya. Nah, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Galeri Indonesia Blibli.com dan dapatkan produk kreatif asli Indonesia yang anda butuhkan!

Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

1 komentar:

  1. kita harus memajukan produk lokal mas, jangan sampe barang2 impor itu mengancam produsen kita

    ReplyDelete