Setiap orang tua tentu ingin memiliki buah hati. Kehadiran anak menjadi anugerah terbesar dalam suatu rumah tangga. Sehingga, begitu hamil maka pasangan suami istri tentu akan menjaga kehamilan tersebut dengan hati-hati.Terutama di trimester pertama kehamilannya.

Ketika memasuki usia kehamilan 7  bulan atau trimester ketiga, banyak perubahan yang dapat diamati pada ibu hamil. Di usia kehamilan 28 minggu ini banyak hal yang harus diketahui dan diperhatikan oleh ibu hamil. Berikut ini 2 hal yang harus diketahui dan diperhatikan seputar kehamilan 7 bulan.

Inilah 2 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Kehamilan 7 Bulan


1# Perubahan pada ibu hamil
Perubahan yang terjadi pada ibu hamil di usia kehamilan 7 bulan tentu dapat dirasakan oleh ibu hamil maupun sang suami. Perubahan yang terjadi antara lain ukuran perut yang semakin membesar dan berat badan yang juga semakin bertambah. Beberapa ibu hamil juga mengalami kaki bengkak pada usia kehamilan 7 bulan ini.

Ibu hamil juga dapat merasakan gerakan bayi yang semakin jelas dan sering di kandungannya. Gerakan bayi ini biasanya terjadi di malam hari ketika ibu hamil hendak tidur. Tak jarang gerakan bayi ini mengakibatkan ibu hamil susah tidur. Perubahan lainnya  yaitu mudah lelah, nafas terasa pendek, maupun nyeri di ulu hati. Berbagai keluhan tersebut jika dirasa cukup mengganggu sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.

2# Perkembangan pada janin
Di usia kehamilan 7 bulan, janin semakin matang dan sudah berkembang. Perkembangan yang signifikan terjadi di usia kandungan 28-40 minggu. Di usia inilah bayi bisa bertahan hidup jika harus dilahirkan secara prematur. Paru-paru pada janin sudah siap bekerja di usia ini. Janin juga mulai dapat merespons rangsangan berupa cahaya maupun suara. Cara meresponnya yaitu dengan mengubah posisi atau dengan kata lain janin bergerak.

Dengan tahap perkembangan ini maka para ibu hamil bisa bermain dengan janinnya dengan cara mengarahkan senter pada perut ibu. Telinga janin pun sudah mulai berfungsi dengan baik, sehingga para ibu bisa mengajak janin berbicara, bernyanyi atau pun bersenandung. Cara ini adalah cara ibu hamil berkomunikasi dengan janinnya. Di usia ini bambut bayi juga sudah mulai tumbuh, demikian juga alis dan bulu matanya. Mata bayi yang sebelumnya tertutup pun sudah dapat terbuka di usia ini.


Demikian 2 hal yang harus diketahui dan diperhatikan seputar kehamilan 7 bulan. Ada baiknya para ibu hamil memperhatikan dengan seksama agar buah hati yang dilahirkan dapat sesuai harapan kita. Yuk, sebarkan artikel ini! 

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top