Sebagian perempuan tumbuh dalam paradigma orang tua yang menjaganya sejak kecil semisal jangan keluar rumah kalau hari sudah gelap, kunci selalu pintu rumah, jangan pergi jauh-jauh, dan selalu waspada pada orang asing. Hal ini menguntungkan dirinya karena terlatih untuk waspada akan keamanannya sebagai seorang perempuan, lebih-lebih kalau berada di tempat asing.

Seorang perempuan harus bisa menjaga dirinya sendiri, meski tanpa bantuan orang lain. Jangan sampai hanya karena tidak nyaman pada lingkungan sekitar lantas membatasi diri untuk bergerak bebas, apalagi untuk bepergian jauh. Sebaliknya, jadikan kemawasan diri Anda ini sebagai bekal untuk melihat dunia.

10 Kiat Traveling Aman untuk Para Perempuan Penjelajah Dunia


Anda akan punya wawasan yang lebih luas, pengalaman-pengalaman menarik dari berbagai tempat, bahkan punya kenalan baik dari berbagai belahan dunia. Anda pun leluasa melancong sendirian ke tempat-tempat idaman dengan tenang kalau sudah membekali diri dan mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Simak kiat-kiat di bawah ini untuk membekali diri Anda.

1.       Pilih Hotel yang Aman
Pilih penginapan yang akses kamarnya melewati area lobby dibandingkan hotel yang kamarnya bisa langsung diakses dari luar. Setidaknya akan ada pegawai hotel yang selalu melihat Anda saat pergi atau kembali ke hotel. Anda juga bisa meminta petugas hotel menemani Anda sampai ke pintu kamar, apabila Anda pulang sendirian dan hari sudah larut malam.

2.       Amankan Dokumen Penting
Bawa selalu salinan dokumen penting identitas diri Anda, dan simpan semua softcopy di email atau dropbox yang bisa diakses online. Misalnya Paspor, Kartu Tanda Pengenal, konfirmasi pemesanan hotel dan transportasi, rencana perjalanan, nomor-nomor telepon penting di negara tujuan, termasuk tiket pesawat Anda. Simpan juga foto file di dalam smartphone Anda.

3.       Jangan Menerima Tumpangan dari Orang yang Tidak Dikenal
Hindari mengikuti atau menerima tupangan dari orang yang tidak betul-betul Anda kenal, saat Anda berada sendirian di tempat asing. Waspada selalu pada keamanan diri Anda sendiri.

4.       Tidak Menggunakan Perhiasan Berlebihan
Perhiasan yang dipakai berlebihan bisa mengundang aksi kejahatan tak diinginkan. Berhati-hatilah ketika membuka dompet Anda, jangan perlihatkan bundelan uang Anda di muka umum. Lebih baik Anda membaginya dan memisahkannya di tempat yang berbeda-beda.

5.       Hindari Berpakaian Minim
Kenakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu menonjolkan lekuk tubuh atau terlalu terbuka. Terutama saat Anda bepergian ke luar negeri, sebaiknya kenakan pakaian yang sopan dan nyaman, meskipun ada juga negara-negara tertentu yang tidak peduli dengan pakaian minim.

6.       Hindari Bertatap Mata dengan Pria Tak Dikenal
Jika Anda melancong sendirian, beberapa lelaki mungkin menganggapnya sebagai kesempatan untuk mendekati atau mengenal dekat Anda, lebih-lebih kalau Anda melayangkan pandangan mata dan bertatapan dengannya. Kalau bukan ini yang Anda inginkan, acuhkan pandangannya. Boleh saja Anda berpura-pura memakai cincin kawin tiruan meski sebenarnya Anda masih single.

7.       Tunjukan Sikap Percaya Diri
Saat berjalan di tempat umum, tunjukan sikap tenang dan percaya diri, dan jangan terlihat bingung. Hindari berhenti di tengah jalan sambil sibuk melihat peta atau mencari petunjuk arah. Lebih baik Anda mencari toilet dulu baru membuka peta, atau masuk ke dalam sebuah toko untuk bertanya arah. Turis yang lagi bingung biasanya menjadi incaran pencuri dan pencopet.

8.       Sisipkan Sedikit Uang di Sepatu dan Pakaian Dalam
Sisipkan sejumlah uang yang kira-kira cukup untuk perjalanan naik taksi kalau Anda dalam kondisi darurat, di tempat tersembunyi selain dompet atau tas Anda, misalnya dalam sepatu.

9.       Gunakan Insting
Percaya pada insting Anda, kalau Anda merasa tidak nyaman akan situasi sekitar, bergegaslah pergi ke tempat yang membuat Anda cukup nyaman. Insting Anda bisa berguna dalam mencari arah jalan atau saat memilih teman seperjalanan Anda.

10.   Informasikan Itinerary Perjalanan Anda pada Teman atau Keluarga
Selalu tinggalkan informasi tentang keberadaan Anda kepada orang yang Anda percaya, seperti rencana perjalanan dan informasi hotel. Sebaiknya Anda juga bilang pada petugas front desk hotel, tentang perkiraan waktu Anda kembali ke hotel, setiap kali akan bepergian.

Pengalaman menarik tentu menanti Anda para traveler, tidak terbatas bagi Anda para traveler wanita untuk berkelana seorang diri melihat luasnya dunia. Anda pun semakin mudah melakukan booking tiket pesawat ke tempat-tempat tujuan melalui aplikasi online. Gali informasi mengenai negara atau tempat-tempat yang ingin dituju lebih dulu sebelum Anda berkunjung, lalu pastikan android Anda selalu dalam kondisi baterai penuh, untuk membantu melancarkan perjalanan Anda. Selamat berlibur, Cantik!

2 comments:

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top