Apakah Anda memiliki rumah, mengontrak rumah, sewa apartemen, atau memiliki kantor, kamar mandi pastilah merupakan ruangan yang penting sehingga perawatannya membutuhkan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan, kamar mandi merupakan tempat yang harus terawat. Jika tidak, kuman dan penyakit akan dapat dengan mudah tumbuh dan tentunya tidak baik untuk kesehatan penghuninya.

Di Indonesia sendiri, dinding kamar mandi banyak dilapisi oleh ubin; baik sebagian ataupun seluruhnya. Hal ini banyak dilakukan agar dapat memudahkan membersihkan dinding kamar mandi.

4 Cara Menjaga Cat Kamar Mandi


Walau begitu, ada banyak cara lain untuk melapisi dinding kamar mandi. Di antaranya ada dengan menggunakan batu alam, gipsum, beton, dan juga dengan menggunakan kombinasi antara keramik dan cat, juga kayu dan cat. Bahkan, beberapa wallpaper juga dapat digunakan di kamar mandi.

Namun bagi anda yang ingin melapisi kamar mandi menggunakan cat, sebaiknya mengikuti beberapa tips di bawah ini agar cat kamar mandi awet.

Ventilasi yang Baik
Saluran udara yang ada di kamar mandi haruslah baik. Jika tidak, tingginya tingkat kelembaban di kamar mandi akan dapat merusak cat. Pasanglah jendela di kamar mandi Anda yang dapat dibuka dan juga ditutup. Jika tidak, pasanglah exhaust fan yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi embun dan uap. Cobalah untuk menyalakan exhaust fan satu jam setelah anda mandi. Dengan begitu, cat di kamar mandi anda akan terjaga kualitasnya.

 Gipsum Rapi
Untuk kamar mandi kering, anda dapat memanfaatkan gipsum sebagai pelapis di kamar mandi. Hanya saja, anda harus memperhatikan dua hal penting: pertama, gunakanlah bahan gipsum yang memang dibuat tahan akan kelembaban. Gipsum jenis ini memiliki kualitas yang lebih baik untuk kamar mandi karena kelembaban di kamar mandi sangatlah tinggi. Kedua, anda perlu menjamin dan yakin bahwa gipsum yang anda pasang di kamar mandi sudah dipasang dengan baik dan juga rami pengerjaannya. Selain itu, pastikan juga bahwa sudut kamar mandi yang anda miliki memiliki sudut yang baik, atau bahkan sempurna. Hal ini agar tidak ada kebocoran di kamar mandi yang dapat merusak gipsum.

Cat Berkualitas Baik
Kualitas dari cat haruslah sempurna. Dalam artian, memiliki kualitas di atas cat pada umumnya. Dan juga, penting untuk memilih cat yang terbukti baik untuk digunakan di kamar mandi. Tidak hanya itu, perhatikan beberapa spot yang kerap kali menjadi tempat yang catnya mudah rusak seperti zona dekat jendela dan tempat penyimpanan perlengkapan mandi.

Cahaya Cukup

Masuknya cahaya matahari ke kamar mandi sangatlah penting untuk menjaga kualitas cat. Jamur kerap kali tumbuh di dinding yang tidak terkena matahari, karena kelembabannya lebih tinggi dibandingkan dengan tempat yang terkena sinar matahari. Maka dari itu, penting untuk melihat cahaya alami matahari menerangi ruangan.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top