Sofa merupakan salah satu furnitur terbaik yang dapat menjadi pemanis ruangan, juga tempat beristirahat yang nyaman. Maka dari itu, memilih sofa tidaklah mudah. Bahkan, bagi beberapa orang, membeli sofa yang benar-benar tepat adalah wajib. Sehingga, jika belum mendapatkan sofa yang sesuai, mereka tidak akan membeli sofa.

Sofa sendiri dijual dengan variasi pilihan yang berbeda. Pilihan desain, warna, ukuran, hingga bahan memiliki variasi yang berbeda. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada harga dan juga pada cara perawatan dari sofa itu sendiri.

Setiap sofa memiliki perawatan yang berbeda, karena memiliki bahan yang berbeda pula. Banyaknya aktivitas yang dilakukan di atas sofa membuat sofa harus dibersihkan secara berkala agar tetap terawat.

3 Bahan Sofa dan Cara Membersihkannya


Berikut adalah cara membersihkan sofa berdasarkan dengan jenis bahan yang ada.

Bahan Kulit
Bahan ini cocok untuk digunakan di rumah minimalis maupun rumah mewah. Untuk sofa yang memiliki pelapis bahan kulit, Anda dapat membersihkan debu dan kotoran dengan menggunakan kain lembab atau basah juga dengan menggunakan vacuum cleaner kecil untuk sudut-sudut lipatan sofa. Setelah dibersihkan, anda dapat menggunakan pelembab khusus bahan kulit. Pelembab ini dapat berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga bahan tidak mudah kering dan pecah-pecah.

Bahan Suede
Bahan suede memang memberikan kesan mewah di sofa. Bahan ini juga memiliki tekstur yang uni sehingga nyaman untuk digunakan. Walau begitu, bahan ini merupakan salah satu bahan yang paling sulit untuk dibersihkan dan dirawat. Ada sikat khusus yang dapat digunakan untuk membersihkan bahan suede dari debu juga kotoran. Cobalah gunakan cuka putih atau tepung maizena untuk membersihkan noda membandel. Coba berikan sedikit, lalu sikat secara perlahan mengikuti arah serat agar tidak merusak.

Bahan Kain

Banyak sofa berbahan kain yang dijual di pasaran. Hal ini karena sofa kain biasanya lebih mudah untuk dibersihkan, dan perawatannya tidak repot. Anda bisa menggunakan kemoceng atau vacuum cleaner untuk membersihkan sofa berbahan kain dari kotoran dan juga debu. Gunakanlah sikat berbulu halus dan sedikit cuka untuk membersihkan noda di sofa Anda. bisa pula untuk mencuci sofa dengan cara manual yaitu dengan melepas kain sofa dan mencucinya dengan mesin cuci maupun secara tradisional.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top