Batu Gerinda
Siapa yang tak mengenal batu gerinda? Batu gerinda saat ini banyak digunakan, khususnya di bengkel-bengkel pengerjaan logam. Batu gerinda bekerja dengan cara menyayat. Penyayatan yang dilakukan hampir sama dengan pada penyayatan pada pisau milling. Perbedaanya adalah pada hasil penyayatan yang sangat halus serta tatal yang tidak terlihat seperti milling. Tatal yang dihasilkan oleh gerinda ini sangat halus seperti debu.

Fungsi Batu Gerinda
Batu Gerinda atau sering disebut mata gerinda merupakan salah satu komponen penting dalam pengerjaan penggerindaan. Gerinda atau grinder memiliki beberapa fungsi, antara lain: (1) untuk menghilangkan permukaan yang tidak rata, (2) untuk menghaluskan atau finishing permukaan benda, (3) untuk memotong, (4) untuk menajamkan alat-alat potong, serta (5) untuk penggerindaan silindris, datar dan profil.

Gerinda memiliki beberapa bentuk. Dari berbagai bentuk batu gerinda yang saat ini tersedia, jika dilihat dari bahan utamanya maka sebenarnya memiliki kesamaan. Bahan utama batu gerinda umumnya hanya terdiri dari dua jenis bahan pokok, yaitu (1) butiran bahan asah atau pemotong(abrasive), dan (2) perekat (bond).

Cari Batu Gerinda? Inilah Tempatnya!


Mengenal Jenis Batu Gerinda
Banyak sekali jenis batu gerinda yang beredar di pasaran saat ini. Fungsi dan kegunaan setiap jenis atau bentuk batu gerinda memiliki berbeda-beda. Jenis batu gerinda antara lain: batu gerinda Flat wheels, Cut Wheels, Dish Grinding Wheels, Shaped Grinding Wheels,  Cylindrical Grinding Wheels, Saucer Grinding Wheels, dan Diamond Grinding Wheels.
Apa perbedaan dari ketujuh jenis batu gerinda tersebut? Berikut perbedaan fungsi dan kegunaan masing-masing jenis batu gerinda tersebut!

1# Batu Gerinda Flat wheels
Batu gerinda ini berguna untuk mempertajam benda seperti countersink, hand tap, mata bor dan sebagainya.

2# Batu Gerinda Cut Wheels
Batu gerinda Cut Wheels ini berguna dalam penggerindaan alat pemotong seperti cutter, bubut, pahat dan sebagainya.

3# Batu Gerinda Dish Grinding Wheels
Batu gerinda jenis ini berguna untuk penggerindaan profil pada cutter.

4# Batu Gerinda Shaped Grinding Wheels
Batu jenis ini berguna untuk memotong material yang cukup keras dan juga berbagai alat potong.

5# Batu Gerinda Cylindrical Grinding Wheels,
Batu gerinda jenis ini berguna untuk penggerindaan diameter pada suatu jenis produk.

6# Batu Gerinda Saucer Grinding Wheels
Berbeda dengan jenis-jenis gerinda sebelumnya, batu gerinda ini berguna untuk penggerindaan bergelombang dan gerinda potong.

7# Batu Gerinda Diamond Grinding Wheels
Batu gerinda jenis ini berguna untuk menggerinda bahan yang keras seperti beton, batu permata dan sebagainya.


Kini anda tak harus meluangkan waktu pergi ke toko untuk mendapatkan gerinda. Nikmati berbelanja gerinda secara online di Ralali.com. Dengan berbelanja online, anda akan bebas memilih jenis gerinda yang Anda butuhkan. Mudah bukan? Ayo miliki gerinda pilihan Anda segera! 

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top