News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Inilah Proses Sertifikasi Guru Tahun 2016, Baca dengan Teliti, WAKTU TERBATAS!

Inilah Proses Sertifikasi Guru Tahun 2016, Baca dengan Teliti, WAKTU TERBATAS!

Mekanisme sertifikasi guru tahun 2016 mulai disosialisasikan kembali. Informasi mengenai proses sertifikasi ini sudah ditunggu oleh banyak guru. Waktu yang sangat terbatas dalam proses sertifikasi guru tahun 2016 mesti menjadi perhatian para guru dalam mempersiapkan semua berkas yang diperlukan.

sertifikasi guru tahun 2016

Proses sertifikasi guru tahun 2016 dipaparkan sebagai berikut:
  • Proses sertifikasi guru tahun 2016 menggunakan pola Penilaian Portofolio (PF), Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dan Sertifikasi Guru Pendidikan Profesi Guru (SG-PPG).
  • Sertifikasi Pola PF dan PLPG hanya bisa diikuti guru yang mempunyai TMT pertama menjadi guru paling akhir tanggal 30Desember 2005. Sedangkan yang TMT menjadi gurunya tahun 2006 s.d 2015 harus mengikuti pola SG-PPG.
  • Guru PNS sudah bersertifikat pendidik yang dimutasikan dalam rangka pelaksanaan SKB 5 menteri (tentang penataan dan pemerataan guru) dan yang memerlukan penyesuaian akibat perubahan kurikulum, bisa mengikuti sertifikasi kedua dengan pola PF atau PLPG.
  • Sertifikasi guru tahun 2016 mensyaratkan nilai UKG yang dilaksanakan tahun 2015 dengan nilai minimal 55.
  • Daftar bakal calon peserta akan ditampilkan secara online di web Direktorat Jenderal GTK mulai akhir maret atau awal april 2016.
  • Batas akhir verifikasi calon peserta sertifikasi guru tahun 2016 adalah 8 April 2016.
  • Sertifikasi pola SG-PPG berbeda dengan konsep pola PPGJ yang diwacanakan tahun 2015, disebabkan adanya perubahan kebijakan birokrasi di pusat. Di mana pola SG-PPG sudah diinformasikan pada saat rakor harus dibiayai secara mendiri oleh peserta, namun besarnya nominal dan mekanisme pembayarannya belum selesai dibahas di tingkat pusat. Untuk itu diminta semua yang berkepentingan bersabar menunggu kepastian dan selalu mengikuti perkembangan informasi.
Demikian informasi mengenai proses sertifikasi tahun 2016. Semoga bermanfaat! 


Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

Post a Comment