News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Inilah Kegiatan Kemdikbud Sambut Hari Film Nasional

Inilah Kegiatan Kemdikbud Sambut Hari Film Nasional

Hari Film Nasional (HFN) yang diperingati setiap tanggal 30 Maret akan segera tiba. Dalam  rangka menyambut HFN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Badan Perfilman Indonesia (BPI) menyiapkan sejumlah kegaitan. Kegiatan yang akan digelar meliputi workshop,roadshow di lima kota, kelas inspirasi  sinema, pemutaran film pendek, penyerahan penghargaan perfilman, dan pesta rakyat.

Hari-Film-Nasional-2016

HFN tahun 2016 ini mengusung tema 'Film Indonesia adalah Kita'. Rangkaian kegiatan dalam HFN 2016 ini dimulai dengan workshop dengan tema 'Menuju Festival Film Kaum Muda Indonesia'. Workshop ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Sabtu dan Minggu, 12 dan 13 Maret 2016 di Bonobo Lounge, Landmark Center Jalan Jenderal Sudirman Jakarta.

Roadshow akan berlangsung di lima kota yaitu Jember, Sumbawa, Balikpapan, Banda Aceh, dan Parigi. Kegiatan ini juga merupakan acara penting dalam peringatan HFN tahun ini. Kegiatan roadshow dilaksanakan dalam bentuk temu komunitas film di berbagai daerah, diskusi, dan apresiasi film. Komunitas film merupakan penggerak kegiatan perfilman di tiap-tiap daerah di Indonesia yang sangat penting untuk diberdayakan.

Kegaitan terkait dengan pendidikan yang akan digelar yaitu Kelas Inspirasi Sinema. Kegiatan ini diagendakan untuk menginspirasi para siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) tentang profesi di bidang perfilman. Kegiatan ini berupa kunjungan para sineas ke SMA/SMK negeri dan swasta di Jakarta & Bandung dalam rangka berbagi pengalaman profesi sineas. Kegiatan ini juga merupakan salah satu strategi untuk membuat film bermutu kepada para siswa.

Penyerahan Piala Antemas juga diagendakan dalam peringatan HFN tahun ini. Piala Antemas diberikan sebagai penghargaan untuk film Indonesia terlaris tahun 2015. Acara yang juga tidak kalah penting adalah Malam Film Indonesia, Parade Film Pendek, dan Pesta Rakyat. Malam Film Indonesia adalah acara nonton bareng film klasik Indonesia yang diadakan pada Rabu 30 Maret 2016 pukul 20.00 WIB di Metropole XXI Jakarta Pusat. Parade Film Pendek adalah acara nonton film pendek di empat rusunawa di Jakarta pada tanggal 31 Maret dan 1 April 2016.



Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

Post a Comment