Hari ini saya mendapatkan kesempatan menjadi narasumber pada kegiatan Seminar Motivasi bertajuk “Kuliah? Siapa Takut”. Kegiatan ini  diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Glesungrejo Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri. Rangkaian kegiatan yang digelar yaitu seminar kepemimpinan, seminar motivasi,dan juga outbond. Peserta kegiatan ini adalah para pelajar SMA dan SMK di Glesungrejo kecamatan Baturetno dan sekitarnya.
Kesempatan menjadi narasumber seminar motivasi ini bukan kali pertama bagi saya, meski selama ini saya lebih banyak mengisi kegiatan pelatihan blog dan multimedia pembelajaran. Dengan menggunakan seragam baru Formulasi Wonogiri, saya pun menghadiri undangan tersebut dan menyajikan setiap slide maupun video yang sudah saya persiapkan.


Materi Seminar Motivasi
Materi yang saya sajikan, sebagaimana materi di setiap event seminar atau training motivasi, bukanlah materi tekstual. Slide yang saya sajikan berisi gambar-gambar dan video yang saya rangkai secara sistematis sesuai tema yang dikehendaki. Dengan bermodal mouse wireless yang saya miliki, alhamdulillah presentasi dapat berjalan dengan lancar.
Presentasi saya mulai dengan perkenalan secara singkat mengenai data diri, profesi, dan kontak social media. Selanjutnya peserta saya ajak untuk merenungi kembali jati diri sebagai manusia ciptaan Allah, melalui slide yang berjudul “Who am I?”.

Materi ini berlanjut ke tahap penciptaan manusia, di mana slide an video mengenai sel sperma dan sel telur saya sajikan sejak “pertarungan” ratusan ribu sel sperma hingga pertemuan sel sperma terpilih dengan sel telur. Hal ini untuk memberikan motivasi awal bagi peserta bahwa mereka telah menjadi pemenang sejak sebelum dilahirkan.
Slide berikutnya menyajikan tahap perkembangan manusia sejak bayi, anak-anak, remaja, dewasa  hingga tua serta ayat-ayat yang mendukung perkembangan ini. Hingga akhirnya peserta seminar saya bawa ke gambaran saat mereka masih TK, SD, SMP hingga saat ini serta pilihan yang dihadapi, “Kuliah atau kerja?”.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka perlu penyadaran akan tanggung jawab kepemimpinan pada setiap diri manusia. Nasib diri ditentukan oleh diri kita sendiri dan kita pun akan mempertanggungjawabkan setiap pilihan maupun keputusan kita. Gambaran keuntungan yang diperoleh ketika kuliah pun disajikan untuk memperkuat keyakinan para peserta.

Presentasi diakhiri dengan motivasi berbagai kemudahan yang diperole dalam menempuh kuliah, seperti beasiswa dari pemerintah dan non pemerintah. Dengan gambaran yang menyeluruh dan sistematis tersebut diharapkan para peserta tetap semangat meningkatkat kualitas dan kapasitas diri dengan melanjutkan kuliah. Semoga sedikit yang bisa saya share hari ini bermanfaat bagi para tunas bangsa.



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top