Informasi menarik datang dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Informasi ini sangat berguna bagi para sahabat yang saat ini sedang menempuh belajar Magister atau pun Doktoral. Kementerian Keungan memberikan beasiswa tesis dan disertasi bagi para mahasiswa Magister dan Doktoral. Dengan adanya beasiswa ini maka kebutuhan akan buku sebagai sumber referensi penelitian, maupun kebutuhan di lapangan saat penelitian dapat teratasi.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) program Tesis/Disertasi ditujukan bagi para mahasiswa Magister atau Doktoral yang memiliki keterbatasan dana untuk menyelesaikan tesis/disertasinya, baik yang sedang belajar di dalam negeri maupun luar negeri. Tujuan pemerintah memberikan program ini adalah untuk mempercepat tersedianya lulusan Magister atau Doktoral yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mahasiswa yang dapat mengajukan permohonan bantuan Program BPI Tesis dan Disertasi ditetapkan kriteria sebagai berikut: (1) Warga Negara Indonesia yang ditunjukkan dengan identitas kependudukan yang sah; (2) Batas Usia maksimum pelamar pada saat penutupan pendaftaran adalah 40 tahun untuk pelamar program Beasiswa Tesis dan 45 tahun untuk pelamar program Beasiswa Disertasi; (3) Lulusan program studi Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi minimal C Institusi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau lulusan Perguruan Tinggi Kedinasan yang diakui oleh Pemerintah Indonesia, atau Perguruan tinggi di luar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; (4) Mahasiswa sudah menyelesaikan seluruh mata kuliah yang dinyatakan dalam bentuk transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum adalah 3,25 pada skala 4, bagi yang sedang studi Magister dan 3,50 pada skala 4, bagi yang sedang studi Doktoral; (5)Dinyatakan telah lulus ujian/seminar proposal oleh pimpinan program pascasarjana atau keterangan lain yang sejenis; (6) Mendapat rekomendasi dari unsur pimpinan Pascasarjana atau Fakultas; (7) Tidak telah, sedang dan tidak akan menerima bantuan beasiswa tesis dan disertasi atau beasiswa pendidikan yang terdapat komponen bantuan riset dari sumber lain baik dalam negeri maupun luar negeri.
Judul penelitian dan bidang kajian yang bersifat strategis sesuai dengan visi dan misi LPDP dan bidang keilmuan yang menjadi fokus LPDP yaitu: Bidang Teknik, Bidang Sains, Bidang Kelautan dan Perikanan, Bidang pertanian, Bidang pendidikan, Bidang Kedokteran dan Kesehatan, Bidang Akuntansi dan Keuangan, Bidang Ekonomi, Bidang Hukum, Bidang Agama, Bidang Sosial, Bidang Budaya, Seni dan Bahasa.
Selain itu BPI Program Tesis dan Disertasi juga memiliki tema prioritas sebagai berikut: (a) Kemaritiman, (b) Perikanan, (c) Pertanian, (d) Ketahanan Energi, (e) Ketahanan Pangan, (f) Industri Kreatif, (g) Manajemen Pendidikan, (h) Teknologi Transportasi, (i) Teknologi Pertahanan dan Keamanan, (j) Teknologi Informasi dan Komunikasi, (k) Teknologi Kedokteran dan Kesehatan, (l) Keperawatan, (m) Lingkungan Hidup, (n) Keagamaan, (o) Ketrampilan (Vokasional), (p) Ekonomi/Keuangan Syariah, (q) Budaya/Bahasa, dan (r) Hukum Bisnis Internasional.
Demikian informasi mengenai beasiswa tesis dan disertasi dari Kementerian Keuangan RI. Informasi selengkapnya dapat anda baca di website LPDP Kementerian Keuangan. Semoga bermanfaat!

4 comments:

  1. Kemana mengajukan permohonan bantuan Program BPI Tesis dan Disertasi ini?

    ReplyDelete
  2. Bisa cek di web LPDP, pak....
    http://www.lpdp.depkeu.go.id/index.php?page=beasiswa

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top