Hari ini saya harus melakukan perjalanan ke kota Yogyakarta. Tak seperti biasanya, perjalanan kali ini bukan untuk masuk perkuliahan melainkan untuk menyampaikan keluhan mengenai harddisk eksternal yang pada tahun 2014 lalu saya beli di salah satu toko komputer di kota Yogyakarta. Harddisk eksternal yang saya miliki tiba-tiba tidak dapat terbaca oleh laptop maupun komputer. Alhamdulillah setelah diperiksa harddisk eksternal yang saya miliki masih dapat digunakan, cukup dengan mengganti kabel USB dan membelikan covernya agar lebih aman.
Berangkat dari kasus yang saya alami tersebut, saya selanjutnya melakukan browsing, apa sebenarnya tips memilih harddisk eksternal yang baik. Dari beberapa posting yang memuat cara memilih harddisk eksternal yang baik dapat saya ringkas sebagai berikut.

Perhatikan Kapasitas Harddisk
Kapasitas harddisk eksternal merupakan daya tampung penyimpanan yang dimiliki oleh harddisk. Kapasitas harddisk eksternal yang biasa dijual adalah 500 GB dan 1 TB. Kapasitas yang kita pilihtentu saja sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita hanyamenyimpan data berupa dokumen teks seperti file Word, Excel, dan Powerpoint maka kapasitas 500 GB sudah cukup untuk menyimpan atau memback up data kita. Tetapi, jika harddisk tersebut digunakan untuk menyimpakan gambar, lagu, video, maupun film maka kapasistas 1 TB tentu lebih tepat kita pilih.
Perhatikan Kecepatan Rotasi Harddisk
Dalam memilih harddisk eksternal, hal selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu kecepatan rotasi piringan Harddisk. Kecepatan rotasi harddisk sangat mempengaruhi kecepatan harddisk dalam menulis dan membaca data. Sebaga contoh, harddisk dengan kecepatan rotasi 7200 RPM memiliki kinerja yang jauh lebih baik daripada Harddisk dengan kecepatan rotasi 5400 RPM.
Perhatikan Konektivitas
Selain menentukan kapasitas serta kecepatan Harddisk, maka kita juga perlu memperhatikan konektivitas Harddisk tersebut ke komputer. Kebanyakan Harddisk menggunakan port USB untuk tersambung ke komputer, yaotu USB 3.0 dan USB 2.0. Selain dengan USB, terdapat juga Harddisk yang menggunakan koneksi lewat port thunderbolt yang mampu menghadirkan kecepatan data dua kali lebih cepat ketimbang USB 3.0. Akna tetapi, Harddisk dengan koneksi thunderbolt ini harganya masih sangat mahal saat sekarang ini.
Pilih Cover Harddisk yang Sesuai
Terakhir, dalam memilih harddisk eksternal yang harus diperhatikan selanjutya adalah cover penutup dari Harddisk eksternal tersebut. Dalam memilih cover ini kita dapat memperhatikan jenis bahannya, bentuk maupun beratnya. Tentu saja kita sesuaikan dengan aktivitas kita sehari-hari. Cover harddisk kita pilih agar Harddisk tersebut tidak mudah rusak ketika terbentur atau terkena goncangan.
Demikian beberapa tips memilih harddisk eksternal. Semoga bermanfaat!



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top