Anda tentu saja sering mendengar istilah tipes yang merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan disebabkan oleh infeksi dari bakteri Salmonella tyhpes. Memang tipes bukanlah penyakit yang menular namun juga perlu diwaspadai karena masuk kategori penyakit berbahaya apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat.
Penyakit tipes umumnya menyerang seseorang yang berada disekitar lingkungan kotor sehingga penyebaran bakteri salmonella thypes dapat melalui perantara makanan, minuman atau peralatan yang digunakan bersama sama.  Untuk meningkatkan kewaspadaan maka anda perlu mengetahui gejala penyakit tipes secara seksama sehingga ketika salah satu gejala muncul dapat segera diketahui dan diambil tindakan pengobatan. Berikut gejala tipes yang perlu anda ketahui.

Gejala Dan Tahapan Perkembangan Penyakit Tipes
Penyakit tipes terbagi atas beberapa tahap, pada minggu pertama sejak terjadi infeksi bakteri Salmonella thypes, seseorang akan mengalami gejala gejala seperti terjadinya deman dengan suhu mencapai 40 derajat celcius yang semakin parah pada malam hari, menderita sakit kepala hebat dari bagian mata hingga tengkuk belakang, nafsu makan menurun sehingga tubuh lemah, adanya gangguan pencernaan sehingga penderita bisa saja mengalami sembelit ataupun diare dan batuk parah dan munculnya bercak merah pada kulit.
Pada minggu kedua, penderita tipes akan memperlihatkan gejala deman naik turun yang terjadi dari siang hingga malam hari, tubuh akan terlihat lebih kurus karena nafsu makan menurun, gangguan percernaan terus berlanjut semakin parah dan perut terlihat membengkak dan terasa keras bila ditekan. Sementara itu pada minggu ketiga penyekit tipes akan semakin parah sehingga penderita sudah tidak dapat beraktifitas dan sulit untuk bangun dari tempat tidur.
Pada minggu keempat, gejala penyakit tipes berkurang drastis, gejala seperti minggu sebelumnya semakin hilang sehingga tubuh terasa lebih bugar, namun sebenarnya kondisi tipes seperti inilah yang paling berbahaya, jadi setidaknya sejak minggu ketiga seseorang harus dibawah ke rumah sakit dan mendapatkan pengobatan intensif sehingga kondisi penderita pada minggu keempat tidak terlalu berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil yakni menjaga kebersihan badan dan lingkungan mutlak diperlukan supaya dapat terhindar dari pernyakit tipes, selain itu selalu mencuci tangan menggunakan Lifebuoy sebelum dan sesudah makan dan konsumsi makanan sehat dan bersih. Demikianlah informasi tentang gejala tipes, semoga berguna untuk setiap pembaca.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top