Perkembangan teknologi komunikasi (TI) yang semakin pesat membawa perubahan paradigma dalam dunia pendidikan. Perubahan paradigma tersebut terlihat secara nyata salah satunya dalah hal media pembelajaran. Salah satu contoh sederhana yang dapat kita amati adalah bergesernya media untuk presentasi pembelajaran, dari papan tulis menjadi OHP (Over Head Projector) dan saat ini menggunakan LCD Projector.
Perkembangan gadget yang semakin pesat juga membawa perubahan pada media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis komputer yang sebelumnya marak digunakan kini beralih ke media pembelajaran berbasis mobile dalam berbagai platform, mulai dari android, windows phone, iPhone, flash lite, java, dan sebagainya. Berbagai software untuk mengembangkan media atau aplikasi berbasis mobile antara laib Eclipse, Android Studio, Adobe Flash CS6, Construct 2 dan sebagainya. Media yang dikembangkan dapat diakses oleh siswa melalui handphone yang dimiliki.

Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Construct 2
Construct 2 merupakan software pembuat game atau aplikasi berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D. Software ini dikembangkan oleh Scirra. Berbeda dengan Adobe Flash CS 6, Construct 2 tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan game atau aplikasi dengan Construct 2 kita tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang sulit.
Langkah untuk membuat media pembelajaran android dengan menggunakan Construct 2 adalah sebagai berikut:
Pertama, buka program Construct 2 kemudian klik New Project atau File > New kemudian pilih New empty project.

Tampilan awal Construct 2

Kedua, klik pada layout yang ditampilkan kemudian atur properties yang tersedia di sebelah kiri layout. Beberapa hal yang perlu diatur dalam properties ini adalah Layout Size, Margins, Window Size, dan Preview browser.  Atur Layout Size, Margins, dan Window Size masing-masing dengan memasukkan angka 480, 800. Kemudian tentukan Preview Borwser yang di kehendaki, misal Chrome, Firefox, Opera, atau yang lainnya. Preview browser digunakan untuk menampilkan aplikasi atau media yang kita buat di browser.
Pengaturan layout dan Margin

Pengaturan Windows Size dan Browser

Ketiga, masukkan cover media pembelajaran yang kita kehendaki. Cover yang dimasukkan berupa gambar dengan format PNG dalam ukuran 480x800 pixel yang dapat kita download atau kita siapkan  dan kita desain di sofware grafis, seperti Corel Draw atau Photoshop. Cara memasukkan cover atau background media pembelajaran yang kita inginkan adalah dengan klik kanan pada layout kemudian pilih Insert new object maka akan tampil pilihan sebagai berikut:
Pilih sprite kemudian klik pada layout sehingga muncul jendela Edit image:Sprite sebagai berikut:
Klik icon folder  untuk memasukkan gambar cover atau backgruond media setelah itu klik icon Close. Fitur ini nantinya juga kita gunakan untuk memasukkan gambar maupun tombol yang kita butuhkan.

Setelah itu atur posisi gambar dengan memberikan angka pada Properties bar > Position , isi dengan angka 240, 400.


Bersambung....

8 comments:

  1. Kalau mau bikin background di photoshop itu ukurannya berapa, biar dimasukan di constrak terlihat pas...ga mblaburrr?...makasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran 480x800, ibu....
      Sudah saya tuliskan di tutorial di atas.
      Semoga bermanfaat, terima kasih

      Delete
  2. Terima kasih atas kunjungan dan komentar yang diberikan. Semoga bermanfaat !

    ReplyDelete
  3. thank ya. pak punya Link sprite pack... untuk karakter buat game

    ReplyDelete
  4. terimakasih, saangat bermanfaat bisa memberikan inspiraasi pembuatan media pembelajaran
    adakah link untuk download aplikasi ini?
    dan untuk articel lanjutan bisa saya lihat dimana ya?

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top