Perkembangan teknologi informasi (TI) yang semakin pesat membawa perubahan paradigma di dunia pendidikan. Pembelajaran kini dapat disajikan dengan berbagai media berbasis TI, mulai dari media pembelajaran interaktif, animasi, hingga aplikasi pembelajaran berbasis mobile. Aplikasi berbasis mobile yang saat ini lebih dikenal sebagai mobile edukasi merupakan  aplikasi berupa media pembelajaran yang diinstal secara langsung di handphone atau smartphone yang kita miliki.
Aplikasi mobile edukasi saat ini banyak dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan siswa akan adanya aplikasi pembelajaran sebagai penyeimbang maraknya game yang beredar. Berbagai aplikasi mobile edukasi dapat kita peroleh, baik secara gratis maupun berbayar. Berbagai pilihan tema maupun materi pelajaran pun tersedia.

Di Mana Download Aplikasi Mobile Edukasi?
Salah satu penyedia aplikasi mobile edukasi gratis adalah Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. BPMP adalah salah satu unit pelaksana teknis yang berada di bawah Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang kita kenal sebagai Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan yang bertempat di Semarang ini merupakan institusi pengembang media pendidikan yang sebelumnya yang bernama Balai Produksi Media Radio (BPMR). BPMR berdiri sejak tahun 1979 dan pada tahun 2003 berubah nama dan status menjadi Balai Pengembangan Multimedia Semarang, melalui SK Mendiknas nomor 102/O/2003. Kemudian pada tahun 2012 berubah nama lagi menjadi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan berdasarkan Permendikbud No 22 Tahun 2012.
Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan tidak hanya menyediakan berbagai aplikasi mobile edukasi secara gratis. BPMP juga menyelenggarakan program dan kegiatan kerjasama/kemitraan dengan instansi lain berupa:
  1. Pelatihan penulisan naskah multimedia pembelajaran
  2. Pelatihan produksi program multimedia pembelajaran interaktif
  3. Pelatihan penulisan naskah mobile learning
  4. Pengembangan desain model pembelajaran dengan memanfaatkan TIK
  5. Magang / in-house training untuk produksi program multimedia

Selain itu, BPMP setiap tahunnya juga menggelar ajang kreativitas berupa Lomba Mobile Edukasi. Lomba yang terbuka bagi guru dan siswa ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone. Lomba ini juga bertujuan untuk memotivasi siswa sekolah akan pentingnya bahan ajar /media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi. Selain itu, lomba digelar untuk membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, serta untuk memperkaya konten pendidikan di internet.

Ayo, tunggu apa lagi? Segera download berbagai media pembelajaran berupa aplikasi mobile edukasi. Bagi anda pengembang aplikasi mobile edukasi, bersiaplah mengikuti lomba mobile edukasi di tahun 2016. Semoga artikel ini bermanfaat! 

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top