Teknologi di bidang kelistrikan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan ini seiring dengan kemajuan teknologi pada umumnya. Salah satu produk teknologi yang cukup unik adalah lampu sensor cahaya. Produk teknologi kelistrikan ini tampak seperti lampu biasa, akan tetapi lampu sensor cahaya memiliki keunikan tersendiri. Keunikan lampu sensor cahaya yaitu dapat menyala secara otomatis pada saat ruangan menjadi gelap. Demikian juga sebaliknya,  lampu sensor cahaya ini juga dapat mati secara otomatis pada saat terkena cahaya di siang hari. Lampu sensor cahaya sangat cocok bagi kita yang sering lupa mematikan saklar lampu pada waktu pagi ataupun siang hari.
Lampu sensor cahaya banyak digunakan untuk penerangan jalan raya. Mengapa penerangan jalan raya menggunakan lampu sensor cahaya? Jawabannya tentu sangat jelas, dibutuhkan teknologi yang memungkinkan lampu menyala dan mati secara otomatis. Sehingga, tidak perlu ada petugas khusus yang menyalakan dan mematikan lampu di malam dan pagi hari, karena teknologi hadir untuk mempermudah hidup kita.

Prinsip Kerja Lampu Sensor Cahaya
Prinsip kerja lampu sensor cahaya adalah lampu akan mendeteksi keberadaan cahaya. Sensor akan menangkap cahaya pada saat siang hari, kemudian direspon oleh transistor dan lampu akan mati. Begitu juga sebaliknya, sensor tidak akan menangkap cahaya matahari pada saat malam hari, sehingga akan direspon oleh transistor dan lampu akan menyala otomatis.
Lampu sensor cahaya selain digunakan pada lampu jalan, biasanya juga digunakan pada lampu taman. Teknologi ini sering membuat orang bertanya - tanya, bagaimana cara menghidupkan dan mematikan lampu jalan yang jumlahnya banyak tersebut? Selain digunakan di jalan dan taman, kita juga dapat menggunakannya di rumah, sehingga kita tidak perlu repot - repot menyalakan lampu rumah yang jumlahnya banyak.
Keunggulan lampu sensor cahaya ternyata bukan hanya terkait dengan fungsi otomatis yang dijalankan. Lampu sensor cahaya dirancang sebagai produk yang mampu menghemat biaya listrik. Dengan menggunakan lampu sensor cahaya maka kita dapat memangkas biaya listrik bulanan kita.

Lampu sensor cahaya selain tersedia dalam bentuk lampu bohlam juga tersedia dalam bentuk lampu tidur. Lampu sensor cahaya juga tersedia dalam berbagai pilihan lampu tidur, mulai dari model tokoh kartun, bentuk jamur, sampai bentuk hewan-hewan lucu. Kita dapat memperoleh lampu sensor cahaya di berbagai toko alat listrik. Kita juga dengan mudah dapat memperoleh lampu sensor cahaya ini secara online. Dengan belanja secara online maka kita mendapatkan kemudahan dalam berbelanja. Demikian artikel mengenai lampu sensor cahaya. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top