Kebanyakan orang pernah mengalami yang disebut dengan luka bakar entah itu ringan ataupun berat seperti luka bakar akibat terkena knalpot atau terkena percikan api. Meskipun sering dialami olah banyak orang, hanya segelintir orang saja yang mengetahui bagaimana memberikan pertolongan pertama pada orang yang terkena luka bakar. Kebanyakan hanya bisa memberi pertolongan berupa odol atau pasta gigi yang dioleskan ke luka.  Padahal cara tersebut tidaklah tepat karena dapat menyebabkan kulit semakin melepuh. Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan luka bakar harus disertai dengan pengetahuan yang baik. kalau tidak, bisa menyebabkan luka semakin bertambah parah.

Luka bakar ringan atau luka bakar tingkat I
Luka bakar tingkat satu adalah luka bakar yang kerusakannya mencapai jaringan di bagian luar lapisan kulit. Misalnya saat kulit tersentuh obyek panas seperti air mendidih atau terkena sengatan sinar matahari secara langsung. Luka bakar ringan tidak akan menyebabkan kulit menjadi melepuh.  Luka bakar pada tingkat ini ditandai dengan kulit yang tampak kemerahan pada bagian yang terbakar, bengkak ringan dan nyeri tetapi tidak terkoyak. Ketika mendapati luka seperti ini maka berikan pertolongan pertama  yaitu menyiram luka dengan air mengalir atau kompres dengan air dingin. Lakukan sampai rasa sakit hilang. Kemudian tutup luka bakar dengan kain perban steril untuk mencegah terjadinya infeksi. Jangan berikan obat-obatan tertentu tanpa persetujuan dokter dan jangan memberikan mentega atau minyak pada luka bakar.

Luka bakar sedang atau tingkat II
Luka bakar pada tingkatan ini akan menyebabkan kerusakan pada lapisan bawah kulit misalnya terkena cairan panas atau percikan api dari bensin atau bahan lainnya. Gejala dari luka bakar tingkat sedang ini yaitu kulit yang tampak kemerahan, melepuh, dan bengkak yang tidak hilang selama beberapa hari dan kulit tampak lembab atau becek.  Pertolongan pertama yang harus diberikan pada luka bakar tingkat ini yaitu menyiram luka dengan air dingin atau air es dan berikan kompres dengan handuk kecil, kemudian keringkan luka dengan menggunakan kain yang lembut atau handuk bersih.  Luka bisa ditutup dengan perban steril agar terhindar dari infeksi.

Untuk mendapatkan informasi lengkap  mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan luka bakar maka kunjungilah situs futuready. 

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top