Tutorial cara memotong dan mengedit video tentu sudah banyak kita temukan. Dari beberapa tutorial yang ditulis, seringkali software yang ditawarkan adalah software yang terlalu berat untuk dijalankan, terutama jika kita menggunakan netbook atau laptop dengan kapasitas minimal. Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan, tersedia cara mudah untuk memotong video menggunakan laptop dengan kapasitas minimum. Cara mudah memotong video tersebut adalah dengan menggunakan Format Factory. Tutorial kali ini akan membahas mengenai cara memotong video dengan Format Factory. Apa itu Format Factory?

Format Factory adalah software editing yang biasa digunakan sebagai converter untuk berbagai jenis multimedia (audio, video, gambar) yang sangat lengkap. Banyak sekali fitur yang tersedia pada software gratis ini. Format factory juga mendukung banyak format mulai video, gambar, dan audio seperti MP3 , AVI , 3GP , MKV , MOV , MMF , AMR , M4A , MP2 , ICO , TIF , PCX , TGA dan masih sangat banyak lagi. Tampilan antar muka Format Factory sangat user friendly, karena setiap fitur tertata dengan rapi pada software ini.
Sofware ini sangat populer, dikarenakan kemudahan dan kelengkapan fitur software yang gratis ini. Jika kita kurang puas dengan tampilan default dari software ini, maka kita juga dapat mengubah skin atau temanya melalui menu skin. Tersedia 4 tema atau skin, yaitu Luna Blue, Aqua, Obsidian, dan Silver. Bahasa yang digunakan juga dapat kita atur sesuai keinginan kita.
Cara Memotong Video Dengan Format Factory
Format Factory bukan hanya digunakan untuk mengkorversi jenis audia, video atau gambar saja. Software ini bisa juga digunakan untuk memotong dan menggabungkan video maupun audio. Cara untuk memotong video dengan Format Factory adalah sebagai berikut.
Pertama, Klik Advanced > Video Joiner maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
Kedua, Klik Add File dan pilih video yang akan dipotong.
Ketiga, Klik Option untuk mengatur batas awal dan batas akhir video yang akan kita potong.  Klik Start Time untuk menentukan batas awal video dan klik End Time untuk menentukan batas akhir video.
Setelah itu klik OK dan sekali lagi klik OK.
Keempat, klik Start untuk menjalankan pemotongan video. Tunggu beberapa saat sampai dengan proses selesai. Setelah proses klik Output Folder untuk melihat hasilnya.
Demikian tutorial mengenai cara memotong video menggunakan Format Factory. Semoga bermanfaat.



6 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama, bu Rini...semoga bermanfaat...
      Silahkan dishare.

      Delete
  2. Ditunggu cara menggabungkannya pak... Thanx....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menggabungkan tinggal add file saja lalu OK...Langkah selanjutnya sama...
      Silahkam dicoba. Terima kasih kunjungannya, bu Aries.

      Delete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top