Sabun cuci piring merupakan salah satu sabun yang harus dipilih dengan teliti karena jika tidak, kuman dan bakteri yang ada di piring akan tertinggal dan akhirnya akan menjadi sarang penyakit dan dapat masuk ke tubuh manusia. Selain dengan menggunakan sabun cuci piring yang dapat dibeli langsung di toko, Anda dapat membuat sabun cuci piring sendiri yang alami sesuai dengan cara membuat sabun cair cuci piring misalnya dengan bahan alami yaitu lerak.
 
Lerak atau Sapindus rarak De Candole atau S. Mukorossi memang terkenal sebagai salah satu bahan alami yang digunakan untuk membersihkan pakaian terutama batik. Bagian yang digunakan adalah bijinya. selain digunakan untuk mencuci pakaian terutama batik baik dicuci dengan tangan atau dengan mesin cuci, ternyata biji lerak juga dapat digunakan untuk biopetisida untuk membasmi nyamuk dan hama serta untuk membersihkan peralatan dapur.
Cara membuat sendiri sabun cuci piring dari lerak yaitu dengan menggunakan 15-20 buah lerak, air jeruk nipis atau lemon sebanyak 3 sendok makan dan 6 cangkir air dengan takaran 250 ml/cangkir atau 1,5 liter. Selain itu siapkan juga panci stainless steel yang mampu untuk menampung air hingga 2 liter, botol atau wadah yang dapat digunakan untuk tempat penyimpanan, saringan.
Cara membuat sabun cuci piring lerak yaitu dengan memotong biji lerak yang telah Anda siapkan dan kemudian bijinya disisihkan. Setelah itu masukkan buah lerak ke 1,5 l air dan masak hingga mendidih dengan menggunakan air sedang. Tunggu hingga air hanya tersisa sekitar 1 liter. Diamkan terlebih dahulu hingga dingin. Kemudian saring dan peras dan taruh ke dalam wadah. Agar sabun ini menjadi lebih awet dan ampuh, tambahkan 3 sdm perasan air jeruk nipis atau air lemon. Letakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung dan jangan ditutup rapat selama 2 minggu sehingga udara ataupun gas yang timbul dapat keluar. Setelah 2 minggu, Anda dapat menutup rapat wadah yang digunakan dan sabun cuci ini awet hingga 1 bulan.

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top