Berikut ini lanjutan kupasan mengenai kisi-kisi UKG tahun 2015. Bedah kisi-kisi UKG disajikan berdasarkan indikator esensial yang tersaji pada tiap butir kisi-kisi UKG. Para guru dapat mempelajari bedah kisi-kisi UKG ini secara online di web SangPengajar.Com melalui komputer, laptop, smarthphone, atau pun tablet masing-masing.

Indikator 6
Mengidentifikasi prinsip-prinsip penyusunan RPP yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 103 tahun 2014

Materi Pendukung: Prinsip-prinsip Penyusunan RPP
RPP  merupakan  rencana pembelajaran  yang  dikembangkan secara rinci mengacu pada  silabus,  buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP  untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di SD/MI  dan untuk guru mata  pelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.
Pengembangan RPP dilakukan sebelum  awal semester atau awal tahun pelajaran  dimulai, namun perlu  diperbaharui  sebelum pembelajaran dilaksanakan. Pengembangan RPP  dapat  dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok  di sekolah/madrasah  dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.
Pengembangan RPP  dapat juga  dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi,  dan disupervisi oleh dinas pendidikan  atau kantor kementerian agama setempat.
Prinsip Penyusunan RPP
  1. Setiap RPP harus  secara  utuh memuat kompetensi  dasar sikap spiritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2),  pengetahuan (KD dari KI-3), dan keterampilan (KD dari KI-4).
  2. Satu  RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali  pertemuan atau lebih.
  3. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
  4. Berpusat pada peserta didik
  5. Berbasis konteks
  6. Berorientasi kekinian
  7. Mengembangkan kemandirian belajar
  8. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
  9. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan  antarkompetensi dan/atau antarmuatan
  10. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Referensi:
Permendikbud Nomor  103  Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Bersambung....



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top