Kemajuan teknologi semakin memanjakan para penggunanya. Dulu ketika akan memindahkan data dari flashdisk ke smartphone kita menindahkannya ke laptop atau komputer dahulu. Tetapi saat ini, kita tak perlu lagi memindah data dengan transit dahulu di komputer seperti itu. Teknologi terbaru untuk memudahkan kita memindah data dari flashdisk ke smartphone atau sebaliknya adalah munculnya kabel USB OTG. Benda dengan ukuran mungil ini akan secara mudah membantu mentransfer data-data dari flashdisk secara langsung ke smartphone kita. Apa USB OTG itu?

USB OTG atau Universal Serial Bus On The Go merupakan sebuah alat yang memungkinkan perangkat USB lainnya (USB flash drive/flashdisk, kamera digital, mouse, atau keyboard) untuk dapat terhubung terhadapnya. Teknologi ini umumnya dgunakan untuk memudahkan kita  dalam mentransfer data dari smartphone ke perangkat lain atau sebaliknya.Fitur USB On The Go (OTG) sejatinya merupakan perpaduan antara hardware dan software, yang tersedia di smartphone. Fitur ini memungkinkan smartphone untuk dapat membaca  atau mendeteksi perangkat eksternal seperti flashdisk, maupun perangkat lainnya. Jadi, OTG bukanlah sebuah aplikasi.

Apakah semua smartphone mendukung fitur ini? Ternyata tidak semua smartphone mendukung fitur USB OTG. Sehingga, bagi yang memiliki smartphone yang mendukung OTG hal ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri. Terlebih bagi kita yang terbiasa menyimpan data/file pribadi di ponsel. Dengan fitur OTG ini maka kita tidak perlu lagi mencopot dan menyambung via perangkat komputer PC atau laptop untuk sekadar memindahkan data-data yang ada di dalam smartphone kita.
Kesimpulannya, fitur USB OTG ini cukup penting bagi kita saat ini. Tetapi, bukan berarti fitur ini menjadi fitur yang wajib dimiliki oleh smartphone. Bagi para pengguna smartphone yang tidak melakukan pemindahan data, USB OTG ini bisa jadi tidak terlalu mendesak untuk dimiliki. 
Saat ini,USB OTG ternyata bukan hanya dimanfaatkan untuk memindahkan data dari flashdisk/memory card ke smartphone atau sebaliknya. USB OTG juga bisa kamu digunakan untuk menghubungkan tablet atau smartphone dengan keyboard eksternal. Dengan cara ini maka kita akan semakin mudah saat mengetik atau mengerjakan tugas melalui tablet ataupun smatrtphone.

Bentuk USB OTG kini juga mengalami perkembangan. Jika sebelumnya hanya berupa kabel pendek  biasa, kini USB OTG ada yang berbentuk Robot Android yang lucu dan tersedia dalam berbagai warna. OTG Robot Andorid ini berukuran kecil sehingga bisa kita bawa saat bepergian. Bagaimana? Menarik bukan? Semoga bermanfaat!






0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top