Bagi seorang penulis atau sekadar suka menulis tentu saja memiliki harapan untuk dapat menulis sebuah buku. Menulis merupakan hobby dan juga kebutuhan. Dengan menulis maka kemampuan dan pengetahuan kita secara otomatis dituntut selalu berkembang. Hal ini logis, karena orang yang tidak tahu apa-apa tentu tak akan bisa menuliskan sesuatu. Sehingga, untuk terus dapat menulis kita dituntut untuk selalu belajar dan meng-update pengetahuan kita.
Jika kita ingin menjadi self publisher untuk buku-buku yang kita tulis maka kemampuan mengetik, memformat, menata dan mendesain buku menjadi tuntutan tersendiri. Dengan memiliki kemampuan tersebut maka kita tinggal memasukkan seting, desain maupun layout kita ke penerbit atau percetakan.
Kemampuan menulis, mendesain dan menata layout buku ini juga dibutuhkan oleh guru. Dengan adanya tuntutan penilaian kinerja guru,maka kemampuan guru dalam menulis dan membuat bahan ajar atau karya ilmiah tentu saja membutuhkan skill atau kemampuan teknis tersendiri. Jika kita menggunakan Microsoft Word, maka kemampuan formating Word menjadi kebutuhan utama. Bagaimana mengatur nomor halaman, bagaimana mengatur style, heading, header footer, numbering, dan sebagainya. Salah satu kemampuan yang seharusnya dikuasai yaitu mengenai cara membuat nomor halaman model buku.
Cara membuat nomor halaman model buku ini berbeda dengan cara memuat nomor halaman pada Microsoft Word seperti biasanya. Cara membuat nomor pada Microsoft Word seperti biasanya tentu saja sudah banyak dipahami. Sehingga, pada tutorial ini tidak kami bahas. Tutorial kali ini akan membahas bagaimana membuat nomor halaman bolak-balik pada Microsoft Word.
Nomor halaman bolak-balik di sini merupakan penomoran halaman seperti yang digunakan dalam pembuatan buku, di mana nomor halaman ganjil berada di sebelah kanan sedangkan nomor halaman genap berada di sebelah kiri.  Penomoran bolak-balik ditunjukkan pada gambar berikut.

Untuk membuat nomor halaman bolak-balik lakukan langkah berikut:
Pertama, klik dua kali pada bagian header footer sehingga muncul pengaturan header footer.
Kedua, pilih Design lalu beri ceklist Different Odd & even Pages.

Ketiga, klik pada halaman ganjil lalu tambahkan nomor halaman seperti biasa dengan insert > Page Number > Bottom of Page, pilih posisi di kanan bawah.
Keempat, klik pada halaman genap lalu tambahkan nomor halaman dengan cara yang sama, pilih posisi di kiri bawah.
Dengan cara ini maka nomor halaman akan muncul di sebelah kanan untuk nomor halaman ganjil dan di sebelah kiri untuk nomor halaman genap. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top