Data merupakan dokumen penting yang seharusnya kita simpan dengan baik. Data komputer biasanya di simpan di harddisk internal komputer atau laptop. Satu hal yang jarang kita sadari yaitu data komputer bisa jadi memiliki nilai yang jauh lebih mahal daripada komputer atau laptop itu sendiri. Bagaimana bisa disebut lebih mahal?
Suatu hari saya pernah membaca status atau posting Facebook seorang mahasiswa yang baru saja kehilangan laptopnya. Mahasiswa tersebut adalah mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsinya. Dalam postingannya, mahasiswa tersebut menjanjikan laptop yang hilang akan diikhlaskan apabila orang yang mengambil atau menemukannya bersedia mengembalikan data yang tersimpan di laptopnya. Hal ini sangat bisa dimaklumi, mengingat di dalam laptop yang hilang tersimpan data skripsi mahasiswa tersebut. Anda tentu bisa membayangkan berapa banyak waktu , tenaga, pemikiran, dan dana dikeluarkan untuk memperoleh data dari lapangan dan menulis skripsinya. Belajar dari kasus ini, maka kita semestinya selalu berpikir untuk mengamankan data komputer kita kapan pun. Mengapa? Karena kita tidak pernah tahu kapan kita kan menemui moment kehilangan data, baik kehilangan data karena virus, spam, malware, atau kehilangan laptop. Meski tentu saja hal ini bukan hal yang kita inginkan terjadi pada diri kita.
Beberapa tips berikut merupakan cara yang dapat anda lakukan untuk mengamankan data komputer anda:
Simpan Data dalam Flashdisk
Salah satu cara yang umum dipakai untuk mengamankan data adalah memback up data kita di flashdisk. Artinya, selain data disimpan di dalam laptop atau komputer, beberapa data penting dapat kita simpan juga (back up) di dalam flashsdisk. Cara ini adalah cara yang paling sederhana dan mudah yang dapat kita lakukan.
Back up Data dalam Harddisk Eksternal
Selain memback up data dalam flashdisk, anda bisa juga menyimpan data di dalam harddisk eksternal. Apalagi jika data penting yang harus diamankan memiliki ukuran yang sangat besar, tentu saja bukan lagi dengan flashdisk kita menyimpannya. Saat ini di pasaran banyak dijual harddisk eksternal dengan ukuran memory yang besar, mulai dari , 250 GB, 320 GB, 500 GB, 640 GB, 750 GB, 1 TB bahkan lebih.
Simpan Data di Drive Online
Beberapa web hosting menyediakan drive penyimpanan gratis bagi kita, seperti Google Drive, Drop Box, maupun One Drive. Kita dapat menyimpan atau memback up data-data penting kita di drive online tersebut sampai dengan 15 GB. Kelebihan penyimpanan data di drive online adalah data tersebut tidak akan pernah hilang, atau dengan kata lain kita memiliki media penyimpanan yang abadi. Tentu saja selama kita masih ingat username dan password akun kita, bukan?
Demikian beberapa cara mengamankan data komputer kita. Anda punya cara lain? Silahkan tambahkan di kolom komentar, ya! Terima kasih!


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top