News Breaking
Live
wb_sunny

Terbaru

Cara Cepat Selesaikan Tugas Akhir

Cara Cepat Selesaikan Tugas Akhir

Tugas akhir bagi mahasiswa tingkat akhir merupakan  tugas wajib sebagai syarat mendapatkan gelar sarjana, magister, atau pun doktor. Tugas ini biasanya mulai fokus dikerjakan  mahasiswa S1 pada semester 7 dan mahasiswa S2 semester 3. Pengerjaan tugas akhir ini diawali dengan pengajuan judul beserta rasionalisasi, studi pendahuluan, penyusunan proposal, pembimbingan, serta seminar proposal. Biasanya saat seminar proposal ini mahasiswa sudah diminta menyampaikan proposal beserta instrumen penelitian, sehingga setelah seminar proposal bisa ditindaklanjuti dengan penelitian.
Kelancaran pembimbingan tugas akhir dipengaruhi banyak faktor, antara lain kemauan mahasiswa,motivasi, kemampuan mahasiswa, komunikasi dengan pembimbing, dan beberapa faktor lainnya. Manajemen waktu mahasiswa juga menjadi faktor penentu kelancaran pembimbingan ini. Berikut ini beberapa tips atau cara cepat menyelesaikan tugas akhir:
Pertama, Atur jadwal bimbingan dengan baik.
Jadwal bimbingan dosen sebaiknya diatur dengan baik sejak awal, lebih baik buatlah schedule secara sistematis. Schedule ini bisa dimulai dari kapan mengajukan bab I, Bab II, bab III,instrumen, dan seterusnya. Schedule yang dibuat sebaiknya jelas menunjukkan agenda tersebut jatuh pada pekan ke berapa bulan apa. Dengan demikian kita akan lebih terarah agenda pembibingannya serta lebih terukur kemajuan yang diperoleh .
Kedua, Catat jadwal kosong dosen pembimbing.
Ada baiknya kita mencermati jadwal  dosen pembimbing, baik itu jadwal memberikan kuliah maupun jadwal lainnya. Dengan mengetahui jadwal kosong dosen pembimbing kita akan lebih mudah mengatur waktu pembimbingan. Tentu saja akan lebih mudah jika kita menghubungi dosen melalui handphone sebelum bimbingan.
Ketiga, Terima saran dan masukan dosen dengan baik.
Setiap bagian tugas akhir yang kita susun tentu kita konsultasikan dengan dosen pembimbing. Dosen akan memberikan saran, masukan, atau arahan terkait apa yang kita susun. Simak dengan baik semua saran dan masukan dosen dengan baik. Catat jika perlu point-point yang disampaikan atau minta kepada dosen agar masukan yang diberikan dituliskan pada lembar tugas kahir yang kita ajukan, sehingga jelas apa-apa yang mesti kita revisi.
Keempat, Lengkapi buku referensi.
Buku referensi merupakan bagian penting dalam penyelesaian tugas akhir. Buku refernsi bisa kita peroleh di perpustakaan maupun beli di toko buku. Kita juga bisa mendapatkan berbagai referensi seperti jurnal dan makalah di internet. Jika mengalami kesulitan dalam memperoleh referensi, kita pun semestinya tidak sungkan untuk bertanya kepada dosen pembimbing. Bisa jadi dosen pemimbing memiliki referensi tersebut, atau lebih mengetahui di mana kita bisa mendapatkannya.

Kelima,  Sabar terhadap kritik
Ketika kita berhadapan dengan dosen pembimbing bisa jadi kita kan mendapatkan kritikan atas pa yang kita ajukan. Bagi sebagian mahasiswa, hal ini bisa menjadi momok tersendiri yang akhirnya menjadika malas untuk melanjutkan tugas akhir. Sebenarnya kritik dari dosen merupakan cambuk bagi kita agar bisa berbuat lebih baik lagi, sehingga seharusnya tidak malah menjadikan diri kita down atau malas menyelesaiakan tugas akhir.
Keenam, Ucapkan terima kasih.
Di setiap akhir pembimbingan, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada dosen. Hal ini sebagai bentuk penghargaan kita kepada dosen yang telah meluangkan waktu serta pikiran untuk memberikan saran dan arahan kepada kita. Dengan demikian maka komunikasi kita dengan dosen selalu terjaga dengan baik.
Demikian beberapa tips  atau cara cepat menyelesaikan tugas akhir. Anda memiliki tips yang lainnya? Silahkan anda tuliskan di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih!


Tags

Langganan Artikel

Dapatkan update artikel terbaru melalui email Anda!

4 komentar

  1. Tambahan: Jika sedang fokus, nonaktifkan sosmed, jika jenuh silahkan aktifkan kembali dan menjelajah bersama teman dumay...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, bu Rini....kadang socmed menjadi kendala tersendiri jika kita sedang harus benar2 fokus...

      Delete
  2. Inspirasinnya saya tuh....weka...weka

    ReplyDelete