Siapa yang tidak tahu “The Avengers”? Para penggemar film tentu saja sangat mengenal film seru ini. Apalagi bagi kita yang tergolong sufi (he he, maaf....suka film), tentu saja film keluaran Marvels ini tidak mungkin kita lewatkan begitu saja. Menonton film bagi sebagian orang selain sebuah hobby ternyata juga menjadi sarana refreshing yang murah meriah. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai pengetahuan, informasi, maupun pelajaran berharga dari sebuah film. Tentu saja banyak hal yang memberikan pelajaran berharga bagi kita selain film itu sendiri. Begitu banyaknya penggemar The Avengers, hingga berbagai atribut tentang film ini laku keras di pasaran, seperti kaos dan jaket The Avengers yang dapat kita beli dengan mudah.  
The Avengers menceritakan aksi seru Ironman, Thor, Captain America, Hulk, dan kawan-kawan superhero lainnya dalam menyelamatkan dunia. Fakta dari balik film yang mampu menyedot jutaan penonton di seluruh dunia ini ternyata banyak pelajaran berharga yang dapat kita petik. Pelajaran berharga dari The Avengers terutama tentang bagaimana membangun kerjasama yang baik dalam sebuah tim. Film ini menjadi inspirasi bagi kita dalam melakukan manajemen organisasi atau mengelola teamwork. Beberapa ide atau pesan dari cerita ini sangat inspiratif untuk diterapkan di tim, lingkungan kerja atau perusahaan yang kita miliki.

Pelajaran berharga dari The Avengers
Pelajaran pertama dari The Avengers adalah setiap orang memiliki kemampuan. Masing-masing superhero di The Avengers memiliki kemampuan dan kekuatan yang unik. Begitu juga dalam sebuah organisasi atau sebuah teamwork, setiap orang pasti memiliki kemampuan dan kelebihan. Dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing itu maka semua orang bisa menjadi “pahlawan” atau dalam bahasa yang lebih sederhana semua orang bisa memiliki peran. Berbagai kemampuan yang dimiliki anggota organisasi atau tim menjadi modal utama sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya. Setiap anggota pasti mampu menjalankan peran sesuai dengan kemampuannya.
Pelajaran kedua dari The Avengers adalah setiap orang punya cara yang berbeda dalam beraktifitas organisasi. Karena setiap anggota tim memiliki kemampuan yang berbeda-beda, maka hal ini menjadikan cara mereka bekerja pun akan unik atau berbeda satu dengan yang lainnya. Setiap anggota tim akan memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi dan menghadapi masalah organisasi. Tuntutan bagi seorang pemimpin organisasi di sini adalah kemampuan dalam melakukan penempatan personil serta menyusun job description bagi masing-masing anggota organisasi. Sehingga, walaupun cara bekerja tiap anggota tim berbeda-beda tetapi tetap  ada sinergi dalam mencapai tujuan organisasi.
Pelajaran ketiga dari film The Avengers adalah dalam melakukan kerja tim, setiap orang membutuhkan sarana yang berbeda-beda. The Avengers merupakan sebuah tim yang masing-masing anggota timnya memiliki keunikan dalam sarana perjuangannya, seperti Captain America yang menggunakan perisai dan Thor yang menggunakan palu. Begitu pun kita, anggota organisasi atau tim pasti membutuhkan sarana yang berbeda-beda dalam menjalankan aktifitas organisasi sesuai bidang yang diamanahkan. Tuntutan bagi seorang pemimpin organisasi adalah harus mampu membantu anggota timnya untuk menemukan ataupun memfasilitasi anggotanya dengan sarana yang dibutuhkan agar anggota organisasi bisa bekerja lebih baik lagi.
Kemudian, pelajaran keempat dari The Avengers bahwa setiap anggota tim harus saling menghargai. Perjalanan sebuah tim bagaikan perjalanan sebuah kapal besar di tengah lautan yang tentunya akan berhadapan dengan gelombang dan badai. The Avengers pun ketika pertama kali dikumpulkan mereka saling serang satu sama lain. Organisasi yang berisi orang-orang hebat bisa menjadikan setiap anggotanya merasa paling hebat dan akhirnya tidak ada sinergi satu dengan yang lainnya. Sehingga, kemampuan seorang pemimpin untuk mengarahkan serta kesadaran setiap anggota untuk saling  menghargai mutlak dibutuhkan.
Demikian beberapa pelajaran berharga yang dapat kita ambil dari The Avengers. Tentu saja banyak pelajaran lainnya yang belum dapat saya tuliskan di sini, silahkan anda tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat !




8 comments:

  1. Replies
    1. He he...makasih bu....rajin2 berkunjung ya...

      Delete
  2. ditunggu postingan fim lain ya gan.. fast and furious atau game of thrones.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, bu ell...harus lihat dulu sebelum bisa menuliskan di posting...he he

      Delete
  3. kalau nonton semuanya saya belum yah mas, cuma yang paling saya suka adalah tokoh, Hulk, Iron man dan F4

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he...yg The Avengers belum lihat ya mas?

      Delete
  4. Biarpun timnya super hero tetap semua butuh saling melengkapi ya mas biar timnya tetep solid dan hasilnya lebih powerful

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas...beragam potensi harus dikelola agar semakin kuat...

      Delete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top