Mengenal Tongsis
Siapa yang tidak mengenal tongsis? Bagi kita yang memiliki hobby traveling tentu saja tongsis bukan lagi menjadi barang yang asing. Tongsis bisa disebut sebagai gadget wajib yang mesti menyertai kemana pun kita pergi. Tongsis (tongkat narsis) atau disebut juga tongkat eksis (dalam bahasa Inggris: Selfie stick) merupakan alat yang biasa digunakan untuk berfoto selfie dari jarak jauh. Tongsis berupa sebuah tongkat yang bisa dipanjangkan dengan di ujungnya terdapat tempat untuk meletakkan kamera atau telepon selular. Tongsis pada dasarnya merupakan sebuah self-portraits monopod. Dengan self-portrait monopod ini maka kita bisa mengambil foto tanpa harus repot-repot minta tolong orang lain.
Berbeda dengan tripod, self-portraits monopod memang memiliki kelebihan. Selain sudut atau angle kameranya yang bisa banyak variasi, self-portraits monopod juga bisa kita gunakan untuk merekam video kita sambil berjalan. Seiring dengan perkembangan telepon selular yang semakin pesat kini tongsis sudah banyak digunakan, terutama dari kalangan anak-anak muda.
Meski baru saja heboh penggunaannya di tahun 2014, ternyata alat ini pertama kali diciptakan di Jepang pada tahun 1995. Tongsis dipatenkan oleh Anindito Respati Giyardani, seorang warga negara Indonesia. Hebohnya penggunaan tongsis menjadikannya masuk dalam jajaran temuan terbaik di 2014 versi majalah TIME, bersanding dengan Hoverboard, Apple Watch dan printer 3D.
Bagaimana Cara Menggunakan Tongsis?
Untuk memahami cara menggunakan tongsis maka kita harus mengetahui komponen utama tongsis. Tongsis terdiri dari atas dua bagian yaitu tongkat dan device holder. Cara menggunakan tongsis adalah sebagai berikut:
  1. Pasangkan device holder ke ujung tongkat.
  2. Tempatkan handphone atau kamera sampai tercengkram dengan baik oleh holder tersebut.
  3. Atur sudut holder sesuai dengan kebutuhan.
  4. Putar sekrup pinggir holder untuk mengendorkan dan mengunci leher tongkat.
  5. Masuklah ke aplikasi kamera handphone dan pilih front camera.
  6. Setelah display muncul panjangkan batang tongsis sesuai kebutuhan, lalu carilah angle yang paling baik.
  7. Jika angle sudah didapat, set timer di kamera kemudian setelah tombol shutter dipencet kembalikan handphone ke posisi di mana angle yang sebelumnya kita sudah dapatkan.
  8. Atur pose kita dan foto narsis pun jadi.

Tomsis: Pelengkap Tongsis

Jika kita mengaku sebagai biangnya selfie maka rugi kiranya jika belum memiliki tomsis. Apa itu tomsis? Tomsis atau Tombol Narsis merupakan teknologi baru yang berupa tombol khusus (remote) sebagai pengganti tombol kamera pada handphone kita. Tomsis berguna pada saat kita akan melakukan foto selfie, sehingga kita dapat mengambil foto tanpa harus mengatur timer maupun menekan tombol kamera pada handphone kita. Dengan adanya tomsis tentu saja akan semakin memudahkan kita melakukan selfie bersama sahabat-sahabat kita.  Untuk kita yang memiliki hobby traveling seakan wajib memiliki benda ajaib yang satu ini. Kini tomsis dengan harga terjangkau dan berkualitas dapat kita dapatkan dengan mudah di berbagai toko. Kita juga dapat membeli tomsis secara online jika ada kendala waktu maupun jarak yang terlalu jauh untuk membeli langsung. Mudah bukan ?



0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top