Kita pasti mengetahui “apakah speaker itu?” Dalam kehidupan kita sehari-hari, speaker dapat kita jumpai diberbagai alat elektronika. Diantaranya di radio, dengan speaker kita bisa mendengarkan berbagai sajian musik radio. Begitu juga dengan adanya speaker di televisi, kita bisa mendengarkan suara yang mengiringi gambar yang disajikan oleh televisi. Dengan adanya speaker di handphone maka kita pun bisa mendengarkan suara dari lawan bicara kita. Selain terdapat di berbagai peralatan elektronika, speaker juga bisa kita dapatkan berdiri sendiri sebagai alat elektronika yang di jual di berbagai toko. Kita dapat membeli speaker sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.
Speaker sebenarnya merupakan sebutan singkat dari loudspeaker yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan pengeras suara. Speaker adalah sebuah transduser yang dapat mengubah gelombang listrik menjadi gelombang suara yang dapat didengar oleh manusia. Speaker bekerja dengan cara mengetarkan komponen membran pada speaker tersebut sehingga terjadilah gelombang suara.
Tidak semua suara dapat didengar oleh manusia. Suara yang dapat didengar oleh manusia adalah bunyi atau suara yang memiliki frekuensi 20 Hz - 20.000 Hz. Suara pada rentang frekuensi tersebut dikenal dengan suara atau bunyi audiosonik. Lalu, bagaimana suara dapat dihasilkan? Suara dihasilkan oleh benda yamg bergetar. Suatu benda yang bergetar akan menyebabkan fluktuasi tekanan udara yang dapat menghasilkan suara.
Mengenal Jenis-jenis Speaker
Speaker dapat kita temukan dalam berbagai bentuk. Berdasarkan fungsi dan bentuknya, speaker dapat dibedakan menjadi speaker radio, speaker corong, speaker komputer, megaphone, speaker handphone, earphone, speaker televisi, home theater, speaker laptop, dan sebagainya. Speaker umumnya juga dapat dibedakan ke dalam dua kategori, yaitu speaker pasif dan speaker aktif. Apa perbedaan speaker pasif dan speaker aktif? Speaker Pasif merupakan speaker yang tidak memiliki amplifier (penguat suara) di dalamnya. Sehingga, speaker pasif masih memerlukan amplifier untuk dapat menghasilkan suara. Sedangkan, speaker aktif merupakan speaker yang memiliki amplifier (penguat suara) di dalamnya. Speaker aktif hanya memerlukan kabel listrik tambahan untuk menghidupkan amplifier yang ada di dalamnya.
Bagaimana Cara Kerja Speaker?
Untuk memahami cara kerja speaker maka kita harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian speaker. Bagian-bagian speaker digambarkan sebagai berikut:
Pada dasarnya speaker terdiri dari atas beberapa komponen utama yaitu cone, suspension, magnet permanen, voice coil dan juga kerangka speaker. Untuk dapat mengubah gelombang listrik menjadi gelombang suara yang dapat kita dengar, speaker memiliki komponen elektromagnetik yang terdiri dari kumparan yang disebut dengan voice coil. Komponen ini digunakan untuk menghasilkan medan magnet dan berinteraksi dengan magnet permanen yang mampu menggerakan cone speaker maju dan mundur. Gelombang listrik yang melalui voice coil akan mengakibatkan arah medan magnet berubah secara cepat sehingga terjadi tarik menarik dan tolak-menolak dengan magnet permanen. Sehingga terjadilah getaran maju dan mundur pada Cone Speaker yang dapat menghasilkan suara. Suspension yang ada pada speaker berfungsi untuk menarik cone speaker ke posisi semulanya setelah bergerak maju dan mundur. Selain itu, suspension juga berfungsi sebagai pemegang cone dan voice coil.

Demikian penjelasan mengenai speaker dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat bagi kita semua !

0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top