Kita tentu sudah mengetahui tentang lampu LED atau Light Emitting Diode. Teknologi yang masih tergolong baru ini sekarang sudah populer dan sudah banyak digunakan. Tak hanya digunakan masyarakat, lampu LED kini mampu menyedot perhatian masyarakan karena lampu LED memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Lampu dengan berbagai keunggulan, seperti hemat energi listrik dan ramah lingkungan serta lebih awet, ini menyebabkan lampu LED mulai diminati banyak orang.
Apakah lampu LED baru saja kita kenal? Sebenarnya tidak juga, LED ditemukan sudah lama. Peralatan elektronik yang sring kita gunakan seperti TV, speaker, komputer, laptop, dan peralatan elektronik lainnya mempunyai lampu kecil yang menyala sebagai tanda bahwa peralatan tersebut sedang dalam posisi on (hidup), lampu kecil itu merupakan LED (Light Emitting Diode) yang. LED sebenarnya merupakan sebuah semikonduktor yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi cahaya ketika dilewati oleh arus listrik.
LED yang digunakan pada lampu LED merupakan bersifat padat dan keras. Dengan sifat ini maka lampu LED memiliki daya tahan yang cukup lama. Lampu LED juga menggunakan daya yang relatif rendah. Dengan semakin murahnya biaya produksi lampu LED, maka diprediksi ke depan lampu LED akan menggeser peran lampu jenis lainnya. Lampu LED dalam berbagai tipe lampu saat ini mulai diproduksi dan dikembangkan secara berkelanjutan, mulai lampu LED untuk kebutuhan rumah tangga, lampu sorot LED untuk kebutuhan komersil dan industri, lampu PJU LED, dan sebagainya.
Apakah keunggulan lampu LED?
Keunggulan utama lampu LED adalah umur penggunaan yang lebih lama dibanding lampu biasa. Lampu LED bisa mencapai keawetan hingga 30 ribu jam. Selain itu, lampu LED juga memiliki efisiensi energi hingga 80-90 persen. Efisiensi ini jauh lebih baik dibanding dengan lampu jenis lainnya.
Keunggulan lampu LED lainnya yaitu cahaya yang dihasilkan lampu LED tidak panas. Lampu LED tidak memproduksi sinar UV dan energi panas. Selain itu, cahaya yang dihasilkan lampu LED juga tidak mendistorsi warna sekitar, sehingga lebih aman digunakan untuk penerangan jalan. Ukuran lampu LED yang lebih kecil menjadikan lampu LED dapat diaplikasikan dengan lebih praktis. Lampu LED juga tidak mengandung merkuri sehingga lebih ramah lingkungan. Di samping itu, dengan lensa optik yang sesuai, cahaya lampu LED dapat diarahkan sesuai keinginan.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, lampu LED saat ini juga memiliki kelemahan, antara lain harga lampu LED yang masih tergolong mahal, suhu lingkungan dapat mempengaruhi umur lampu LED, dan juga intensitas cahaya yang termasuk kecil. Akan tetapi, dengan semakin maraknya penjualan lampu LED maka harga lampu LED saat ini sudah terjangkau. Jika kita hitung penghematan yang kita lakukan dengan menggunakan lampu LED maka sebenarnya tidaklah tepat juga jika lampu LED disebut mahal. Kita pun juga dapat membeli lampu LED secara online sehingga lebih leluasa memilih jenis dan harga yang sesuai.

Dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan dan keunggulan lampu LED tersebut maka keputusan beralih ke lampu LED layak untuk kita pertimbangkan. Saat ini sebagian besar masayarakat maupun perusahaan sudah mulai mengganti lampu lama mereka dengan lampu LED.  Semoga artikel mengenai lampu LED ini bermanfaat bagi kita semua!

2 comments:

  1. lampu led sudah mulai banyak di gunakan dimana-mana, gak cuma di rumah, tapi juga di kendaraan, Lampu LED terbukti kualitasnya, lebih tahan lama dibandingkan lampu biasa.

    ReplyDelete
  2. Yups....benar mas...Lampu LED juga lebih hemat mas

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top