Di dalam dunia akademisi, setiap mahasiswa, dosen maupun praktisi akademis dituntut untuk bersinggungan dengan jurnal dan ebook. Permasalahan yang kadang dihadapi adalah sulitnya mendapatkan jurnal yang tidak berbayar, karena ketika pencarian junal melalui internet, kebanyakan harus membayar untuk download jurnal tersebut. Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamphlet berseri berisi bahan-bahan ilmiah yang biasanya mengambil tema yang up to date (tema yang diminati) pada saat diterbitkan. Jurnal ilmiah biasanya berisikan hasil-hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh akademisi dan disusun secara ringkas dan sistematis.

Sebagai salah satu syarat penulisan tugas akhir (skripsi, tesis, atau disertasi) biasanya kita dituntut untuk memiliki rujukan jurnal asing atau jurnal berstandar internasional yang disertakan di daftar pustaka. Bahkan beberapa universitas menyaratkan 5 % – 10 % daftar pustaka yang digunakan adalah literature asing, baik buku-buku asing yang berbahasa Inggris maupun berwujud artikel ilmiah dan penelitian yang sudah dikemas dalam bentuk jurnal asing.

Terdapat banyak website penyedia literature asing yang bisa di download dalam format pdf, xml atau doc. Namun demikian, tidak semua universitas mampu berlangganan karena kendala harga yang relatif tinggi. Beberapa website penyedia journal berbahasa asing yang full text adalah sebagai berikut:

ProQuest

image

Jurnal yang dapat diunduh mencakup bidang ilmu: Agama, Ilmu Sosial, Pertanian, –Sains, Seni. Bisa diakses melalui melalui URL: http://search.proquest.com/. Username dan password biasanya diberikan oleh pihak universitas melalui perpustakaan secara berkala setiap bulannya.

Google Scholar

image

Google Scholar atau Google Cendekia merupakan salah satu mesin pencari artikel jurnal dalam berbagai format seperti pdf, doc, xml, dll yang cukup powerfull. Anda bisa mencari berbagai macam artikel ilmiah full text yang bisa di download secara lengkap. Google Scholar dapat diakses melalui URL https://scholar.google.co.id/

Layanan e-Resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)

image

Untuk memenuhi kebutuhan kita, PNRI melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. Anda dapat mendaftar melalui URL http://keanggotaan.pnri.go.id/ dan mengakses layanan e-Resources PNRI melalui http://e-resources.pnri.go.id/index.php.

ResearchGate.Net

image

Anda juga dapat memperoleh berbagai jurnal di ResearchGate.Net. Untuk mendaftar menjadi anggota, anda harus menggunakan email resmi dari universitas. Anda dapat mengakses website ini melalui URL https://www.researchgate.net

Demikian beberapa website penyedia jurnal ilmiah gratis. Semoga bermnafaat !


2 comments:

  1. Saya tertarik dengan postingan anda mengenai jurnal, saya juga memiliki beberapa macam jurnal yang bisa anda kunjungi di PUBLIKASI SASTRA

    ReplyDelete
  2. bagi yang membutuhkan jurnal silahkan coba blog pencari jurnal semoga bermanfaat www.hootuu.blogspot.co.id

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top