Salah satu software yang dierpergunakan untuk melakukan analisis butir soal adalah program QUEST. Tutorial kali ini akan kita pelajari mengenai cara melakukan analisis butir soal dengan program QUEST tersebut. Untuk melakukan analisis butir dibutuhkan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Membuat data masukan
  2. Membuat control file
  3. Menjalankan program Quest
  4. Memaknai output dari analisis yang dilakukan

Untuk langkah pertama, silahkan anda buat data masukan. Data masukan dibuat dengan menggunakan notepad. File data harus dibuat dalam satu folder dengan program QUEST. Data berisi kode kelas dan nomor siswa diikuti jawaban dari siswa. Misalnya data dituliskan : 1001BCBDADACADDCDAADDCBA. Hal ini menunjukkan data dari siswa pada kelas paralel 1 absen 001 dengan jawaban BCBDADACADDCDAADDCBA. Sebagai contoh berikut data masukan berupa data jawaban siswa dengan kode siswa 1001 sampai dengan 1030, dengan soal sebanyak 20 butir:

image

Simpan file, misalnya dengan nama : gab.txt.

 Langkah kedua, kita harus membuat control file yang berupa baris perintah (syntax) untuk menjalankan program QUEST. File ini juga dibuat dengan notepad dalam satu folder yang sama dengan program QUEST dan file gab.txt. Berikut contoh control file yang kita buat :

Title Math
data_file gab.txt
codes ABCDN
format name 1-4 items 5-24
key ACADADBCCDDCDACBDCBC
set width=107 ! page
estimate!iter=100
show >> gab.ot1
show items!stat=delta >> gabdelta.txt
show case! >> gabcase.txt
itanal!>> gabitem.txt
QUIT

Simpan file dengan nama gabQ.txt.

Langkah ketiga, jalankan program QUEST dengan klik dua kali pada program, maka akan muncul sebagai berikut :

image

Ketikkan> submit gabQ.txt maka akan muncul tampilan yang menunjukkan bahwa program QUEST sedang bekerja melakukan analisis butir. Jika anda lakukan semua langkah dengan benar, maka file-file dalam folder tersebut akan bertambah, yang merupakan output dari analisis yang kita lakukan.

image

Hasil gab.ot1 menyajikan reliabilitas tes dan reliabilitas peserta. Sedangkan, karakteristik butir dapat dilihat di gabitem.txt.

Demikian sekilas mengenai cara melakukan analisis butir soal dengan program QUEST . Untuk lebih jelasnya silahkan baca dengan teliti  lagi cara melakukan analisis butir soal dengan program QUEST  yang disajikan dalam tulisan Heri Retnawati yang dapat anda unduh di sini.


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top