Uji ANOVA atau ANAVA satu faktor digunakan untuk menguji apakah ada perbedaan rata-rata lebih dari dua sampel yang bersifat bebas satu sama lain. Contoh dari Uji ANOVA satu faktor ini digunakan mengetahui pengaruh 3 macam metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu siswa dikelompokkan ke dalam 3 kelas yang berbeda, misalnya :

  1. kelas VIIa : siswa mendapatkan metode A,
  2. kelas VIIb : siswa mendapatkan metode B,
  3. kelas VIIc : siswa mendapatkan metode C.

Untuk memudahkan anda, maka pada tutorial ini silahkan download data nilai siswa berupa file SPSS : Uji_Anova_1.SAV [ KLIK DI SINI ].

Untuk melakukan Uji ANOVA satu faktor maka dipersyaratkan semua sampel berasal dari populasi yang homogen, maka dalam pengujian ANOVA sekalian akan dilakukan pengujian kesamaan varians semua sampel tersebut(Uji homogenitas). Karena ada pengelompokan sampel, maka pada Variabel View juga dilakukan pengkategorian sebagaimana yang sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya mengenai cara memasukkan data kualitatif pada SPSS.

Langkah selanjutnya untuk melakukan Uji ANOVA satu faktor adalah :

Pertama, klik menu Analyze > Compare Means > One-Way ANOVA...

uji anova 1 faktor

Kemudian, masukkan variabel hasil_belajar ke dalam kotak Dependent List, serta masukkan variabel metode ke dalam kotak Factor. Lalu klik Options.

uji anova 1 faktor

Lalu, aktifkan pilihan Descriptive dan Homogeneity of variance test . Kemudian klik Continue.

uji anova 1 faktor

Selanjutnya klik menu Post Hoc... lalu aktifkan pilihan Bonferroni dan Tukey. Klik Continue untuk kembali ke kotak dialog utama

uji anova 1 faktor

Significance level 0,05 menunjukkan taraf signifikansi yang kita pilih dalam pengujian ini. Klil OK untuk memproses analisis data.

Bagaimana output dari analisis ini? Bagaimana memaknai output tersebut?

Nantikan tutorial berikutnya !

 

Bersambung Ke : Uji ANOVA Satu Faktor dengan SPSS (bagian 2)


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top