image

Pendahuluan

SPSS merupakan software statistik yang paling banyak digunakan untuk melakukan analisis data statistik. Sofware ini adalah “software sejuta umat” atau paling banyak digunakan di dunia statistik. SPSS dikembangkan oleh Norman Nie, seorang mahasiswa lulusan fakultas ilmu politik dari Standford University. SPSS pertama kali muncul pada tahun 1968. Pada awalnya program ini diberi nama Statistical Package for Social Sciences kemudian berubah menjadi Statistical Service Product Solutins. Pada akhir tahun 2009, SPSS diakuisisi oleh perusahaan IBM.

Cara Kerja SPSS

Berbagai kesulitan yang dijumpai dalam statistik bermuara pada perhitungan matematika yang cukup rumit. Namun hal ini sekarang sudah dapat diatasi dengan adanya program SPSS. Dengan adanya SPSS, maka perhitungan matematika yang rumit akan menjadi mudah.

SPSS berlaku sebagai kalkulator canggih dalam melakukan perhitungan statistik. Hal penting yang harus dipahami sebelum menggunakan SPSS adalah kita harus paham metode statistik apa yang kita gunakan dan memaknai hasil keluaran dari SPSS tersebut. Diagram cara kerja SPSS digambarkan sebagai berikut:

image

Apa saja bagian-bagian SPP? Apa saja menu yang tersedia pada SPSS? Nantikan Tutorial SPSS di SangPengajar.Com berikutnya.

 

Bersambung.....


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top