SPSS memiliki dua bagian utama, yaitu jendela data editor dan jendela output. Kedua bagian utam ini memiliki fungsi dan peran masing-masing.

1. Jendela Data Editor

Jendel data editor berfungsi sebagai tempat kita memasukkan data. Berbagai data yang akan kita analisis kita masukkan melalui jendela data editor ini. Tampilan jendela data editor terdiri atas 2 macam, yaitu Data View dan Variabel View. Secara default, ketika SPSS kita buka maka yang akan ditampilkan adalah Data View. Menu untuk beralih dari Data View ke Variabel View dan sebaliknya berada di sebelah kiri bawah.

Data View digunakan untuk memasukkan nilai data yang akan dianalisis. Variabel View digunakan untuk memberi nama varibel serta menentukan type variabel. Pada bagian Variabel View ini kita juga bisa melakukan pengaturan variabel, misalnya jumlah desimal di belakang koma yang akan di tampilkan, jenis label, nilai, dan sebagainya.

image

Tampilan Data View

imageTampilan Variabel View

 

2. Jendela Output

Jendela output merupakan jendela untuk menampilkan analisis dari SPSS. Semua hasil perhitungan akan ditampilkan melalui jendela output ini. Tampilan jendela output adalah sebagai berikut:

image

Apa saja menu yang terdapat dalam SPSS? Nantikan Tutorial SPSS di SangPengajar.Com berikutnya.

 

Bersambung.....


2 comments:

  1. terimakasih banyak pak agus atas berbagi ilmunnya

    ReplyDelete
  2. Sama2 bu heppi, semoga bermanfaat...

    ReplyDelete

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top