Tutorial kali ini akan membahas mengenai cara memasukkan data kuantitatif pada SPSS. Tentu saja, sebelum kita mengolah dan menganalisis data pada SPSS maka kita harus memiliki data itu sendiri. Kali ini kita akan memasukkan data berat badan siswa sebagai contoh:

Tabel Data Berat Siswa

data_SPSS

Untuk memasukkan data ke SPSS maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Pertama, beri nama variabel data yang akan dimasukkan dengan cara klik Variable View yang berada di pojok kiri bawah terlebih dahulu.

Kedua, ketikkan nama variabel, misalnya berat_badan, lalu tekan enter. Atur Decimals dengan nilai 0 agar tidak ada desimal di belakang tanda koma.

data_SPSS

Ketiga, klik Data View untuk mulai memasukkan data kita. Nama variabel berat_badan sudah muncul di jendela ini. Masukkan data mulai baris ke-1 sampai data terakhir. Anda bisa mengetikkkan satu per satu atau copy paste dari data yang sudah ada di Microsoft Office misalnya.

data_SPSS

 

Terakhir, simpan data kita dengan cara klik menu File à Save As...

image

Tentukan lokasi penyimpanan file serta ketikkan nama file, lalu klik Save. Setiap data SPSS akan disimpan dengan ekstensi .sav. Demikian tutorial mengenai cara memasukkan data kuantitatif pada SPSS. Semoga bermanfaat !

 

Bersambung....


0 comments:

Post a Comment

 
SangPengajar.com © 2016 | Contact Us | Pingin Punya Blog Keren?
Top